ANALISIS USAHA DAN BAURAN PEMASARAN “KILI–KILI“ PADA UMKM WARISAN IBU DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG

RIDHO, NALSYA PUTRA (2014) ANALISIS USAHA DAN BAURAN PEMASARAN “KILI–KILI“ PADA UMKM WARISAN IBU DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Fulltext)
RidhoNalsyaPutra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada usaha “kili-kili” pimpinan Ibu Nurmaini yang tergabung dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Warisan Ibu di Jalan Kenanga Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah Kota Padang selama bulan Februari 2014. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan profil usaha, menganalisis tingkat keuntungan dan titik impas usaha, dan menganalisis bauran pemasaran usaha “kili-kili” pimpinan Ibu Nurmaini pada UMKM Warisan Ibu. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pengumpulan data diperoleh langsung dari key informan. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder, yang dianalisis secara deskriptif untuk mendeskripsikan profil usaha dan menganalisis bauran pemasaran, serta analisis kuantitatif untuk menganalisis tingkat keuntungan dan titik impas usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam aspek teknis operasional usaha ini belum menerapkan sistem manajemen usaha secara baik dan benar. Pada aspek keuangan belum melakukan pencatatan keuangan sesuai prinsip akuntansi yang benar, dan baru dilakukan pada tahun 2012. Pada aspek pemasaran, promosi dilakukan secara personal selling. Keuntungan yang diterima usaha ini adalah sebesar Rp 6.908.250 / tahun, dengan rata-rata keuntungan yang diterima sebesar Rp 575.687,- per bulannya. Usaha ini telah berproduksi diatas titik impas, dimana titik impas pada tingkat produksi 356,75 kg dengan nilai penjualan Rp 9.025.555,-. Produk yang dihasilkan termasuk ke dalam barang yang tidak tahan lama dan merupakan produk khusus. Produk memiliki daya tahan selama 2 bulan dan memiliki izin. Harga jual produk yaitu Rp 5.000 per bungkus. Distribusi yang digunakan adalah distribusi langsung dan tidak langsung, promosi dilakukan dengan personal selling dan dibantu oleh UMKM Warisan Ibu. Kata kunci: analisis usaha, keuntungan, titik impas, bauran pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 25 Jul 2016 10:00
Last Modified: 25 Jul 2016 10:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12513

Actions (login required)

View Item View Item