Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Calon Penerima Bantuan Sosial pada Kelurahan Tarantang Kota Padang menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)

Anggi, Julieta (2023) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Calon Penerima Bantuan Sosial pada Kelurahan Tarantang Kota Padang menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (75kB)
[img] Text (BAB I pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (BAB VI penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT ANGGI JULIETA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diberikan kepada masyarakat melalui pemerintahan tingkat paling bawah yaitu kelurahan atau nagari. BPNT ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran agar memenuhi dan menjamin kebutuhan dasar dari masyarakat yang kurang mampu. Tidak adanya sistem pendukung keputusan calon penerima bansos merupakan kendala utama dalam menyalurkan BPNT pada tingkat kelurahan. Dalam menyalurkan BPNT di Kelurahan Tarantang, dana bantuan yang ditujukan kepada masyarakat kurang tepat sasaran. Dalam penentuan calon penerima bansos BPNT sebelumnya hanya dilakukan dengan cara konvensional yang memungkinkan banyaknya terjadinya kesalahan dalam prosesnya sehingga banyak masyarakat yang memberikan keluhan terkait BPNT tersebut kepada RT setempat serta kelurahan. Sistem Pendukung Keputusan adalah suatu sistem yang ditujukan sebagai solusi untuk mendukung manajemen pengambilan keputusan. Metode yang dapat digunakan untuk calon penerima BPNT adalah metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode AHP dapat memperhitungkan validitas sampai dengan batas toleransi yang ketidak-konsistenan serta memperhitungkan stabilitas analisis dalam proses pengambilan keputusan. Dalam membangun aplikasi, pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi SPK yang dapat menentukan calon penerima bansos pada Kelurahan Tarantang. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingkan perhitungan metode AHP dan Simple Additive Weighting (SAW) dan menghasilkan aplikasi sistem pendukung keputusan yang dapat menentukan calon penerima bansos BPNT pada Kelurahan Tarantang Kota Padang yang menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hasdi Putra, M.T
Uncontrolled Keywords: Bantuan Sosial,BPNT,SPK,AHP,Kelurahan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:35
Last Modified: 01 Mar 2023 07:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125028

Actions (login required)

View Item View Item