PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEMENANG LOMBA BALITA SEHAT PADA PUSKESMAS DEPOK JAYA MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR OTHERS PREFERENCE BY SIMILARITY (TOPSIS)

Amanda, Noverdina Putri (2023) PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEMENANG LOMBA BALITA SEHAT PADA PUSKESMAS DEPOK JAYA MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR OTHERS PREFERENCE BY SIMILARITY (TOPSIS). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Full Text Amanda Noverdina Putri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Semua orang tua tentu menginginkan balita yang sehat. Tetapi tidak banyak orang tua yang mengerti akan hal tersebut, sehingga balita tidak mendapatkan kesehatan yang baik dan takaran gizi yang cukup. Untuk mengatasi masalah tersebut pihak Puskesmas Depok Jaya membuat program lomba balita sehat se�Kelurahan Depok Jaya. Selain itu juga dapat memacu semangat para orang tua untuk lebih memperhatikan gizi dan kesehatan anak-anaknya, serta pihak puskesmas bisa mengetahui seberapa banyak balita sehat yang berada di Kelurahan Depok Jaya. Namun saat ini proses pemilihan pemenang lomba balita sehat masih menggunakan blangko sebagai media penilaian sehingga membutuhkan proses yang lama dan sering terjadi kesalahan. Selain itu sulitnya pihak puskesmas dalam menentukan balita sehat karena terlalu banyak kriteria. Dengan adanya persoalan tersebut maka dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu penilaian serta menentukan sebuah keputusan yang sesuai dengan penilaian dan kriteria. Metode yang digunakan dalam pembangunan sistem pendukung keputusan ini adalah metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Adapun kriteria yang digunakan dalam pemilihan pemenang lomba balita sehat diantaranya status anak, imunisasi, berat badan menurut tinggi badan, umur ibu, dan gigi. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan pemilihan pemenang lomba balita sehat pada Puskesmas Depok Jaya menggunakan metode TOPSIS dan Simple Additive Weighting (SAW) agar dapat memudahkan pihak puskesmas dalam menentukan pemenang lomba balita sehat agar lebih akurat sehingga dapat mengambil keputusan sesuai dengan kriteria yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajril Akbar, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Lomba Balita Sehat, Puskesmas Depok Jaya, TOPSIS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 01 Mar 2023 07:32
Last Modified: 01 Mar 2023 07:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125022

Actions (login required)

View Item View Item