PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN STATUS GIZI BALITA PADA PUSKESMAS BELIMBING MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

Mayang, Sari Deyuvi (2023) PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN STATUS GIZI BALITA PADA PUSKESMAS BELIMBING MENGGUNAKAN METODE TOPSIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (368kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi FullText.pdf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Puskesmas merupakan salah satu instansi pemerintah yang bergerak dibidang pelayanan masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh kepada masyarakat di wilayah kerjanya. Puskesmas memiliki berbagai fasilitas pelayanan kesehatan, salah satunya adalah pelayanan gizi balita. Pelayanan gizi balita dilakukan pada kegiatan posyandu untuk memantau pertumbuhan dan peningkatan status gizi balita dibawah bimbingan petugas gizi puskesmas. Pada Puskesmas Belimbing masih ditemukan adanya balita dengan status buruk, gizi lebih, dan gizi kurang. Sistem kinerja dalam pelayanan gizi balita pada Puskesmas belimbing belum optimal, akibatnya data dan informasi mengenai tumbuh kembang balita akan tidak akurat, sehingga penanganan kasus yang terjadi akan mengalami keterlambatan. Untuk itu dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu dalam menentukan status gizi balita, untuk meminimalisir permasalahan tersebut. Salah satu metode yang digunakan dalam membangun sistem pendukung keputusan adalah metode Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Metode TOPSIS akan menghitung nilai dari kriteria setiap alternatif gizi balita berdasarkan alternatif dan kriteria penentuannya. Adapun kriteria yang digunakan dalam penentuan status gizi balita adalah berat badan menurut umur, tinggi badan menurut umur, berat badan menurut tinggi badan, dan indeks massa tubuh balita menurut umur. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat membantu dalam memudahkan pihak puskesmas untuk menentukan status gizi balita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajril Akbar, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Status Gizi Balita, Puskesmas¸Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 28 Feb 2023 09:22
Last Modified: 28 Feb 2023 09:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125020

Actions (login required)

View Item View Item