Pengaruh Pemberian Campuran Kulit Umbi dan Daun Ubi Kayu Yang Di Fermentasi Dengan Rhizopus oligosporus Dalam Ransum Terhadap Performa Karkas Itik Persilangan Mojosari dan Alabio

Ahmad, Gifari Depa (2023) Pengaruh Pemberian Campuran Kulit Umbi dan Daun Ubi Kayu Yang Di Fermentasi Dengan Rhizopus oligosporus Dalam Ransum Terhadap Performa Karkas Itik Persilangan Mojosari dan Alabio. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
Text (Cover And Abstrak).pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text (bab 1)
Text ( BAB I. PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (262kB)
[img] Text (Bab V)
Text (BAB V. KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (188kB)
[img] Text (fulltext)
Text (Full Skripsi).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dari penggunaan campuran Kulit Ubi dan Daun Ubi Kayu (KUDUK) yang difermentasi dengan R.oligosporus terhadap performa karkas itik persilangan Mojosari dan Alabio. Penelitian ini menggunakan 100 ekor itik umur 2 minggu. Kandang yang dipakai sebanyak 20 unit kandang box, masing-masing unit berukuran 80 x 80 x 60 cm, berisi 5 ekor itik dan dilengkapai tempat pakan dan minum. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Ransum perlakuan yang diberikan yaitu R1, R2, R3, R4 dan R5 berturut-turut menggunakan KUDUKF 0, 10, 20, 30 dan 40%. Parameter yang diuji adalah bobot hidup, persentase lemak abdomen dan persentase karkas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ransum R1, R2, R3, R4 dan R5 memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap bobot hidup, persentase karkas dan persentase lemak abdomen. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian KUDUKF dapat digunakan sampai 40% atau dapat menggantikan penggunaan jagung sampai 80% dalam ransum itik. Hal ini dapat dilihat pada bobot hidup 733,75 g/ekor, persentase lemak abdomen 0,52% dan persentase karkas 51,10%. Kata kunci :Fermentasi, KUDUK, Karkas dan itik, R. oligosporus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Gita Ciptaan, MP Prof. Dr. Ir. Hj. Mirnawati, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:13
Last Modified: 28 Feb 2023 08:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125001

Actions (login required)

View Item View Item