Performa Pertumbuhan Itik Pitalah Betina (Anas domesticus) Pada Periode Anak Yang Diberikan Ransum Dengan 4 Level Protein Mengandung Keong Mas (Pomacea canaliculata sp)

Alfaritsi, Imam (2023) Performa Pertumbuhan Itik Pitalah Betina (Anas domesticus) Pada Periode Anak Yang Diberikan Ransum Dengan 4 Level Protein Mengandung Keong Mas (Pomacea canaliculata sp). Diploma thesis, Universitas andalas.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan abstraks.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (455kB)
[img] Text (Penutup)
Bab 5 penutup.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peforma pertumbuhan itik Pitalah betina pada umur (3 - 8) minggu dengan pemberian 4 level protein mengandung Keong Mas terhadap intake protein, pertambahan bobot badan, dan laju pertumbuhan pada itik Pitalah periode pertumbuhan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah DOD itik Pitalah sebanyak 100 ekor. Perlakuan dimulai saat itik umur 15 hari sampai itik berumur 48 hari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan pemberian level protein ransum mengandung Keong Mas terdiri dari A (14%), B (16%), C (18%) dan D (20%). Parameter yang diukur ialah intake protein, pertambahan bobot badan dan laju pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level pemberian level protein berbeda mengandung Keong Mas berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap intake protein, pertambahan bobot badan, laju pertumbuhan. Rataan intake protein berkisar antara 14,33 -20,93 g/ekor/hari, pertambahan bobot badan berkisar antara 136,13 - 153,81 g/ekor/minggu, laju pertumbuhan berkisar antara 0,3459 - 0,3631 g/ekor. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian level protein mengandung Keong Mas sampai level protein 20% dalam ransum memberikan pengaruh sangat nyata terhadap intake protein pertambahan bobot badan dan laju pertumbuhan itik Pitalah betina periode anak. Kata Kunci : Intake protein, Itik Pitalah, Laju Pertumbuhan, Pertambahan Bobot Badan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:08
Last Modified: 02 Mar 2023 04:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124995

Actions (login required)

View Item View Item