POTENSI TEMULAWAK (Curcuma xanthorriza) DALAM MENINGKATKAN FUNGSI SEL NEUTROFIL TERHADAP KANDIDIASIS PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2

M, Iqbal (2020) POTENSI TEMULAWAK (Curcuma xanthorriza) DALAM MENINGKATKAN FUNGSI SEL NEUTROFIL TERHADAP KANDIDIASIS PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (507kB)
[img] Text (BAB Ajkhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (294kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (608kB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
TUGAS AKHIR ILMIAH M. IQBAL_1611411005_FKG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang: Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan kondisi hiperglikemia atau peningkatan glukosa dalam darah secara persisten yang disebabkan karena gangguan sekresi dan aktivitas biologis absolut dan relatif insulin atau keduanya. Diabetes mellitus menyebabkan terjadinya gangguan fungsi sel neutrofil sehingga penderita Diabetes mellitus memiliki kerentanan yang lebih tinggi terhadap berbagai infeksi salah satunya adalah kandidiasis. Pasien Diabetes mellitus lebih rentan mengalami peningkatan infeksi kandidiasis akibat kolonisasi Candida albicans . Prevalensi kolonisasi Candida albicans dalam rongga mulut pada keadaan normal berkisar antara 20%-40% sedangkan pada penderita Diabetes mellitus prevalensi kolonisasi Candida albicans meningkat hingga 80%. Tanaman temulawak (Curcuma xanthoriza) dapat dimanfaatkan dan berpotensi untuk meningkatkan fungsi sel neutrofil dan menekan pertumbuhan Candida albicans penyebab kandidiasis. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi temulawak (Curcuma xanthoriza) dalam meningkatkan fungsi sel neutrofil terhadap kandidiasis pada pasien Diabetes mellitus Tipe 2. Metode: Studi dilakukan dengan cara menelaah pemaparan dari berbagai literatur mengenai potensi temulawak (Curcuma xanthoriza) dalam meningkatkan fungsi sel neutrofil terhadap kandidiasis pada pasien Diabetes mellitus Tipe 2. Kesimpulan: Fungsi sel neutrofil dapat ditingkatkan dengan menggunakan senyawa alami dari tanaman temulawak (Curcuma xanthoriza) dalam menekan angka infeksi kandidiasis pada pasien Diabetes mellitus tipe 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Surya Nelis., Sp. PM.
Uncontrolled Keywords: Candida albicans, Curcuma xanthoriza, Diabetes Mellitus, kandidiasis, sel neutrofil.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:19
Last Modified: 28 Feb 2023 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124910

Actions (login required)

View Item View Item