Analisis Pelaksanaan Strategi Promosi Kesehatan Dalam Menurunkan Perilaku Merokok Di Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci

Reva Arianda, Putra (2023) Analisis Pelaksanaan Strategi Promosi Kesehatan Dalam Menurunkan Perilaku Merokok Di Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (BAB Penutup)
BAB AKHIR PENUTUP.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (Tesis Full Text)
tesis fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perilaku merokok menjadi salah satu indikator hidup bersih dan sehat (PHBS), data yang diperoleh dari profil kesehatan Kabupaten Kerinci pada tahun 2020 cakupan perilaku merokok didalam rumah masih tinggi yakni 69.2%. Pengurangan dan pemberhentian merokok menjadi kewajiban semua pihak. Profesi kesehatan, baik tenaga medis maupun non medis salah satu elemen terpenting dalam pelaksanaan promosi kesehatan berhenti merokok dan menjadi contoh bagi masyarakat. Penelitian ini merupakan kombinasi (mixed method) dengan desain kombinasi model Sequential Explanatory yang dilakukan di Kecamatan Air Hangat Timur kabupaten Kerinci. Jumlah sampel sebanyak 110 responden dan 21 informan. Hasil penelitian didapatkan dari analisis bivariat dengan uji Chi-suare didapatkan ada hubungan antara yang signifikan antara pengetahuan, motivasi dan peran petugas kesehatan dengan perilaku merokok dengan nilai p-value <0.05. pada analisis multivariat dengan uji regresi didapatkan faktor yang paling berpengaruh yaitu motivasi dengan nilai exponen B 17.326. Hasil analisis pada penelitian kualitatif didapatkan pada kegiatan advokasi. Advokasi khususnya Kegiatan promosi kesehatan tentang rokok tidak dilakukan tersendiri atau secara khusus tentang perilaku merokok saja tetapi juga bersamaan dengan kegiatan lainnya seperti kegiatan program PHBS, pengembangan masyarakat, serta dapat dilakukan pada saat posyandu. Bina suasana yang diberikan kepada tokoh masyarakat yang dilakukan kepada staf kepala desa atau perangkat desa dan Kegiatan pemberdayaan masyarakat belum memberikan pengetahuan spesifik tentang rokok.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:27
Last Modified: 28 Feb 2023 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124843

Actions (login required)

View Item View Item