Aktivitas Ekstrak Pegagan Embun (Hydrocotyle sibthorpioides Lam.) Dalam Bentuk Sediaan Kapsul Terhadap Kadar Tumor Necrosis Factor-Alpha (TNF-α) Pada Manusia

Olind, Jennyffer Valiant (2023) Aktivitas Ekstrak Pegagan Embun (Hydrocotyle sibthorpioides Lam.) Dalam Bentuk Sediaan Kapsul Terhadap Kadar Tumor Necrosis Factor-Alpha (TNF-α) Pada Manusia. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 28 February 2024.

Download (187kB)
[img] Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 28 February 2024.

Download (57kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup Kesimpulan))
BAB AKHIR (PENUTUP KESIMPULAN).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 28 February 2024.

Download (57kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 28 February 2024.

Download (151kB)
[img] Text (Tugas Akhir Utuh (Full Text))
TUGAS AKHIR UTUH (FULL TEXT).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 28 February 2024.

Download (1MB)

Abstract

Pegagan embun (Hydrocotyle sibthorpioides Lam.) telah banyak diteliti dan diketahui memiliki khasiat sebagai imunostimulan, antiinflamasi, memiliki efek hematopoiesis, dan dapat menurunkan kadar TNF-α pada hewan uji. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pemberian kapsul ekstrak pegagan embun terhadap kadar TNF-α pada manusia. Penelitian ini melibatkan 20 orang sukarelawan sehat yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu, kelompok 1 diberi sediaan kapsul ekstrak pegagan embun dengan dosis 67 mg dan kelompok 2 diberi kapsul plasebo sebagai pembanding. Sebelum melakukan pengujian, telah dilakukan pengambilan darah pertama sebanyak 3 ml dan dilakukan pemeriksaan profil darah lengkap pada hari pertama. Kemudian, sukarelawan mengonsumsi sediaan uji yang sudah disiapkan berdasarkan pembagian kelompok uji yang dikonsumsi secara oral selama tiga hari berturut-turut. Sediaan kapsul ekstrak pegagan embun yang digunakan dalam penelitian ini ialah ekstrak yang sudah terstandar dan juga telah memenuhi syarat evaluasi sediaan kapsul. Pada hari kelima dilakukan pengambilan darah kedua sebanyak 3 ml setelah sukarelawan mengonsumsi sediaan uji. Spesimen darah sukarelawan yang sudah diambil kemudian disentrifus untuk memperoleh serum darah yang digunakan dalam pengukuran kadar TNF-α dengan metode ELISA. Hasil pengamatan dari kadar TNF-α pada sebelum pemberian kapsul adalah 102,207 ng/L untuk plasebo dan 103,628 ng/L untuk kelompok sediaan uji. Setelah pemberian kapsul selama 3 hari, maka kadar TNF-α adalah 108,496 ng/L pada kelompok plasebo dan 81,726 ng/L pada kelompok yang diberikan sediaan kapsul ekstrak pegagan embun. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terjadi penurunan kadar TNF-α secara signifikan p = 0,028 (p < 0,05) pada kelompok sukarelawan yang diberikan sediaan kapsul ekstrak pegagan embun. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemberian sediaan herbal kapsul ekstrak pegagan embun (Hydrocotyle sibthorpioides Lam.) dapat menurunkan kadar TNF-α manusia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. apt. Salman, M.Si
Uncontrolled Keywords: Hydrocotyle sibthorpioidesLam.; kapsul ekstrak pegagan embun; TNF-α; sukarelawansehat; plasebo.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:59
Last Modified: 28 Feb 2023 02:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124790

Actions (login required)

View Item View Item