PELAKSANAAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA OLEH PENYIDIK POLRES PARIAMAN (Studi di Kantor Kepolisian Resor Pariaman)

Khalsum, Khainisa (2023) PELAKSANAAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA OLEH PENYIDIK POLRES PARIAMAN (Studi di Kantor Kepolisian Resor Pariaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (133kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (Bab Iv Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan tindak pidana narkotika semakin berkembang seiring berjalannya waktu, sangat membahayakan bagi setiap kalangan masyarakat di Indonesia dan dikhawatirkan dapat merusak generasi serta masa depan bangsa Indonesia. Tindak pidana narkotika merupakan kejahatan yang telah bersifat transnasional yang dilakukan dengan mengguanakan modus operandi yang tinggi, teknologi canggih, didukung oleh jaringan organisasi yang luas. Tindak pidana narkotika tidak lagi hanya terjadi di kota-kota besar namun sudah berkembang ke daerah-daerah seperti Kota Pariaman dan sekitarnya. Pengungkapan suatu tindak pidana narkotika dilakukan penyidikan. Penyidikan dilakukan sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku dengan memperhatikan beberapa asas dalam hukum acara pidana. Rumusan masalah yang dibahas yaitu mengenai pelaksanaan penyidikan tindak pidana narkotika oleh penyidik Polres Pariaman, mengetahui kendala atau hambatan dalam penyidikan tindak pidana narkotika dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam penyidikan tersebut. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode yuridis empiris. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis karena menggunakan uraian kalimat yang disusun secara sistematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis uraikan, didapat kesimpulan: Pelaksanaan penyidikan tindak pidana narkotika yang dilakukan oleh penyidik Polres Pariaman masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya, yaitu pada saat penggrebekan tindak pidana narkotika di lapangan masih terdapat ketidaksesuaian dengan ketentuan yang ada yaitu berupa tekanan untuk mengenai mental tersangka agar tersangka memberikan keterangan. Pemberantasan tindak pidana narkotika hendaknya juga didukung oleh setiap kalangan, namun pada saat ini masih minimnya peran masyarakat dalam pengungkapan tindak pidana narkotika di wilayah hukum Polres Pariaman. Jaringan pelaku tindak pidana narkotika jugasemakin luas dan cepat berkembang. Kata Kunci: Penyidikan, Narkotika, Tindak Pidana Narkotika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:29
Last Modified: 28 Feb 2023 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124720

Actions (login required)

View Item View Item