PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PELAPORAN BENCANA BERBASIS MOBILE PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH PROVINSI SUMATERA BARAT

Dhinda, Amalia Kiflia (2023) PEMBANGUNAN SISTEM INFORMASI PELAPORAN BENCANA BERBASIS MOBILE PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Laporan TA Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
Laporan TA Bab I.pdf - Published Version

Download (542kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
Laporan TA Bab VI.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Laporan TA Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (Full Text)
Laporan TA Full Dhinda Amalia Kiflia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Pada hasil pengukuran Indeks Risiko Bencana Indonesia tahun 2020, Provinsi Sumatera Barat menempati posisi ke-11 dengan nilai 149.53 yang termasuk dalam kelas risiko tinggi. Dengan adanya potensi terjadinya bencana, maka dibentuklah Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD). Tiap daerah di Indonesia memiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah termasuk Provinsi Sumatera Barat. Terdapat data bencana yang perlu direkap dari suatu kejadian bencana sehingga dapat diolah nantinya menjadi informasi yang diperlukan. Namun, pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat dalam pelaporan data bencana per kota/kabupaten masih melalui WhatsApp. Data tersebut diinputkan kembali secara manual ke Microsoft Excel. Maka dari itu, diperlukan aplikasi sistem pelaporan bencana untuk menghindari penginputan data berulang kali. Aplikasi ini digunakan untuk menginputkan data yang telah dikumpulkan di tempat kejadian bencana sebagai laporan untuk atasan. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah Java dan PHP dengan database PostgreSQL. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan terhadap semua fungsional pada Sistem Informasi Pelaporan Bencana Berbasis Mobile dapat disimpulkan bahwa semua fungsional pada sistem ini berjalan dengan baik. Sehingga, pembangunan Sistem Pelaporan Bencana Berbasis Mobile telah berhasil dibangun untuk mengatasi persoalan terkait pelaporan bencana pada Badan Penangulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Husnil Kamil, M.T
Uncontrolled Keywords: Pelaporan, Bencana, Mobile, BPBD, Sumatera Barat, PostgreSQL
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:20
Last Modified: 27 Feb 2023 04:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124476

Actions (login required)

View Item View Item