Pembangunan Sistem Informasi Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcome Based Education (OBE) Studi Kasus Departemen Sistem Informasi Universitas Andalas

Fandy, Akbar (2023) Pembangunan Sistem Informasi Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcome Based Education (OBE) Studi Kasus Departemen Sistem Informasi Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB)
[img] Text (SKRISI FULL TEXT FANDY AKBAR)
SKRIPSI FULL TEXT FANDY AKBAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Rencana Pembelajaran semester merupakan dokumen yang berperan sebagai kontrak antara mahasiswa dengan dosen pengampu pada suatu mata kuliah yang harus disampaikan pada awal pertemuan perkuliahan sebagai acuan dalam menjalankan pembelajaran. Outcome Based Education (OBE) merupakan sistem pendidikan yang berfokus pada capaian lulusan. Kurikulum yang didesain dengan basis OBE harus mengacu pada capaian pembelajaran yang jelas. Dalam pelaksanaannya, penyusunan dan pengelolaan RPS yang berjalan pada Departemen Sistem Informasi Universitas Andalas belum memiliki sistem yang memadai sehingga capaian lulusan pembelajaran yang menjadi fokus dari OBE belum dapat diterapkan dengan baik. Dengan proses pengelolaan yang masih berjalan secara konvensional, hal ini menyebabkan kemungkinan terjadinya kesalahan sangat besar seperti human error, kesalahan cetak, dan kesalahan lainnya. Hal ini juga menyebabkan terhambatnya proses penyajian dan pengelolaan informasi RPS itu sendiri. Dampak lainnya yang terjadi adalah proses monitoring pengelolaan RPS tidak berjalan dengan efisien. Untuk menjawab permasalahan yang terjadi, maka dirasa perlu untuk dirancang suatu sistem informasi yang mengelola dan menyusun RPS sesuai dengan tujuan pembelajaran OBE. Sistem Informasi ini dirancang menggunakan Framework Laravel sebagai Back End dan React JS sebagai Front End. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi ini adalah metode waterfall. Pengujian sistem menggunakan metode black box testing pada keseluruhan fungsional sesuai dengan rancangan awal sistem. Hasil dari pengujian yang dilakukan semua fungsional yang dirancang berjalan sesuai pada kebutuhan sistem. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi pengelolaan RPS berbasis OBE pada DSI Unand.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Husnil Kamil, M.T
Uncontrolled Keywords: RPS, OBE, sistem informasi, web, React JS, Laravel
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:37
Last Modified: 27 Feb 2023 01:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124454

Actions (login required)

View Item View Item