PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG PORANG (Amorphophallus oncophyllus) TERHADAP KADAR AIR, KADAR PROTEIN, VISKOSITAS, DAN UJI ORGANOLEPTIK SUSU KAMBING FERMENTASI Levilactobacillus brevis DSM02

Vira, Oktavia Hernita (2023) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG PORANG (Amorphophallus oncophyllus) TERHADAP KADAR AIR, KADAR PROTEIN, VISKOSITAS, DAN UJI ORGANOLEPTIK SUSU KAMBING FERMENTASI Levilactobacillus brevis DSM02. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (462kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung porang (Amorphophallus oncophyllus) terhadap kadar air, kadar protein, viskositas, dan uji organoleptik susu kambing fermentasi Levilactobacillus brevis DSM02. Penelitian ini menggunakan susu kambing sebanyak 6 liter, susu skim bubuk sebanyak 100 gram, dan tepung porang sebanyak 30 gram. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Penambahan tepung porang pada susu kambing fermentasi adalah A (0%), B (0,25%), C (0,50%), D (0,75%) dan E (1%). Peubah yang diamati pada penelitian ini yaitu kadar air, kadar protein, viskositas, dan uji organoleptik. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa penambahan tepung porang pada susu kambing fermentasi berpengaruh nyata (P<0.05) terhadap kadar air, viskositas, nilai organoleptik tekstur, dan nilai organoleptik warna. Tetapi berpengaruh tidak nyata (P>0.05) terhadap kadar protein, nilai organoleptik rasa, nilai organoleptik aroma, dan nilai organoleptik penerimaan keseluruhan. Pada penelitian dapat disimpulkan bahwa susu kambing fermentasi dengan penambahan terbaik didapat pada perlakuan B yaitu penambahan 0,25 % dengan kadar air 84,33%, kadar protein 2,77%, dan viskositas 6.114 cP. Nilai organoleptik yang masih dapat diterima panelis, nilai rasa 3,28 (sedikit suka), nilai aroma 3,85 (suka), nilai tekstur 3,92 (suka), nilai warna 4,03 (suka), dan nilai penerimaan keseluruhan 3,57 (suka).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sri Melia, S.TP., MP
Subjects: Q Science > QR Microbiology
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:18
Last Modified: 06 Mar 2023 03:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124452

Actions (login required)

View Item View Item