Keanekaragaman serangga pada Pertanaman Kakao (Theobroma cacao L) Klon BL-50 : Studi Kasus di Kabupaten Tanah Datar dan Padang Pariaman

Luthfah, Ramadhini (2023) Keanekaragaman serangga pada Pertanaman Kakao (Theobroma cacao L) Klon BL-50 : Studi Kasus di Kabupaten Tanah Datar dan Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (483kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI UPLOAD FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (32MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman kakao Klon BL-50 merupakan salah satu klon unggul Indonesia yang dikembangkan di Provinsi Sumatera Barat. Keanekaragaman serangga pada suatu lokasi pertanaman perlu dipelajari agar permasalahan hama bisa dikelola dengan baik. Penelitian bertujuan untuk mempelajari tentang keanekaragaman serangga pada pertanaman kakao (Theobroma cacao L.) Klon BL-50 di Kabupaten Tanah Datar dan Padang Pariaman. Metode yang digunakan adalah survei dan penentuan lokasi dilakukan menggunakan purposive sampling. Pengambilan serangga dilakukan dengan menggunakan pitfall trap, yellow pan trap, dan chemical knockdown. Hasil penelitian serangga yang ditemukan pada pertanaman kakao Klon BL-50 di Kabupaten Tanah Datar dan Padang Pariaman berjumlah 3.034 individu yang tergolong ke dalam 42 spesies, 30 famili dan 8 ordo yaitu Blattodea, Coleoptera, Diptera, Hemiptera, Hymenoptera, Lepidoptera, Neuroptera, dan Orthoptera. Serangga yang memiliki kelimpahan paling banyak terdapat pada ordo Hymenoptera, famili Formicidae yaitu Dolichoderus thoracicus. Serangga yang ditemukan berperan sebagai hama, parasitoid, penyerbuk, dan predator. Nilai indeks keanekaragaman dan kemerataan spesies yang paling tinggi terdapat pada Desa Batu Mangaum dengan nilai 1,606 dan 0,499 yang termasuk pada kategori sedang. Nilai indeks kesamaan spesies yang tertinggi terdapat pada Desa Kinawai dengan Desa Padang Kajai sebesar 0,652 termasuk dalam kategori tinggi. Indeks nilai penting yang tertinggi yaitu D. thoracicus dengan nilai 667,44. Kata kunci: Kakao Klon BL-50, Keanekaragaman, Serangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:21
Last Modified: 27 Feb 2023 04:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124417

Actions (login required)

View Item View Item