Daya Antagonis Trichoderma spp. terhadap Sclerotium rolfsii sacc. Penyebab Penyakit Busuk Batang Pada Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L) Secara In Vitro

Safana, Yuri Intani (2023) Daya Antagonis Trichoderma spp. terhadap Sclerotium rolfsii sacc. Penyebab Penyakit Busuk Batang Pada Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L) Secara In Vitro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (119kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text (SKRIPSI UTUH TEXT)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penyakit busuk pangkal batang yang disebabkan oleh Sclerotium rolfsii merupakan salah satu penyakit penting pada tanaman kacang tanah. Pengendalian dapat dilakukan salah satunya penggunaan Trichoderma sp. sebagai agens hayati. Trichoderma telah banyak ditemukan memiliki kemampuan antagonis yang beragam terhadap patogen. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isolat Trichoderma yang efektif menghambat pertumbuhan S. rolfsii penyebab penyakit busuk batang pada tanaman kacang tanah secara in vitro. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 8 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan terdiri dari kontrol, 2 spesies Trichoderma rizosfer (T. viride dan T. harzianum) dan 5 isolat Trichoderma asperellum endofit (SD 327, SD 324, S2D1.1, S2D1.2, A116). Pengujian Trichoderma spp. terhadap S. rolfsii dilakukan dengan metode biakan ganda dan metode uap biakan. Semua isolat Trichoderma yang digunakan mampu menghambat pertumbuhan S. rolfsii dengan daya hambat 82,85% - 88,37% pada metode biakan ganda, 50,28%-64,55% pada metode uap biakan dan mampu mencegah terbentuknya sklerotia. Trichoderma asperellum SD 324 merupakan isolat yang lebih efektif dalam menghambat pertumbuhan S. rolfsii penyebab penyakit busuk batang pada tanaman kacang tanah. Kata kunci: mekanisme antagonis, metode biakan ganda, metode uap biakan, Sclerotium rolfsii, Trichoderma spp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:19
Last Modified: 27 Feb 2023 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124414

Actions (login required)

View Item View Item