PERAN ORANGUTAN INFORMATION CENTRE DALAM KONSERVASI ORANGUTAN DI TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER MELALUI COLLABORATIVE MANAGEMENT PLAN-SMALL GRANTS PROGRAMME

Athalla Vareel, Ebsyar (2023) PERAN ORANGUTAN INFORMATION CENTRE DALAM KONSERVASI ORANGUTAN DI TAMAN NASIONAL GUNUNG LEUSER MELALUI COLLABORATIVE MANAGEMENT PLAN-SMALL GRANTS PROGRAMME. Diploma thesis, Unversitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Habitat orangutan sumatera di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) mengalami ancaman, hal ini disebabkan karena adanya kegiatan penebangan liar (illegal logging), pembangunan fasilitas dan infrastruktur serta pelanggaran batas-batas. Dalam usaha mengatasi permasalahan ini, ASEAN Centre for Biodiversity (ACB) bekerja sama dengan Kreditanstalt fur Wiederaufbau (Kfw) membuat program yaitu Small Grants Programme (SGP). SGP bertujuan untuk mendukung upaya ASEAN Heritage Park (AHP) dalam melindungi keanekaragaman hayati, dimana salah satunya adalah orangutan. TNGL sebagai AHP telah terpilih untuk menjalankan SGP di Indonesia. Pada SGP di TNGL terpilih Orangutan Information Centre (OIC) sebagai mitra untuk menjalankan program SGP siklus satu dan siklus dua di TNGL. OIC sebagai sebuah non governmental organization (NGO) turut mengambil peran dalam upaya konservasi orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser melalui Small Grants Programme ASEAN Centre for Biodiversity. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis serta memanfaatkan data wawancara dengan pihak Orangutan Information Centre dan observasi ke Taman Nasional Gunung Leuser. Konsep peran non governmental organization menurut Lewis dan Kanji digunakan untuk menjawab perumusan masalah penelitian. Dalam proyek SGP ACB ini OIC menjalankan peran sebagai implementer dengan melaksanakan aktivitas yaitu merestorasi wilayah Barak Induk, menyusun pedoman teknis strategi perlindungan dan mitigasi orangutan di jalan Karo Langkat, melakukan survei kepadatan populasi orangutan di jalan Karo Langkat dan restorasi Halaban. Sebagai catalyst OIC melaksanakan aktivitas yaitu memfasilitasi pelatihan restorasi untuk kelompok masyarakat Barak Induk, mengadvokasi pemerintah untuk perlindungan dan mitigasi orangutan di jalan Karo Langkat, melakukan kegiatan permakultur di (desa Halaban, desa Telagah dan desa Bukit Mas). Sebagai partnership OIC melaksanakan aktivitas yaitu bekerja sama dengan masyarakat Barak Induk untuk merestorasi wilayah Barak Induk, bekerja sama dengan pemerintah untuk melakukan survei kepadatan populasi orangutan di jalan Karo Langkat dan Halaban. Kata Kunci : Orangutan Information Centre, Small Grants Programme, Taman Nasional Gunung Leuser, Orangutan Sumatera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Pembimbing I : Zulkifli Harza, S.IP, M.Soc.Sc Pembimbing II : Putiviola Elian Nasir, SS, MA
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:51
Last Modified: 24 Feb 2023 07:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124390

Actions (login required)

View Item View Item