Sistem Identifikasi Pendataan Masyarakat Penerima Bantuan Covid-19 Menggunakan Teknologi Radio Frequency Identification (RFID)

Husnul, Hafifah Rizgita (2023) Sistem Identifikasi Pendataan Masyarakat Penerima Bantuan Covid-19 Menggunakan Teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (149kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Telah dirancang sebuah prototype sistem identifikasi pendataan masyarakat penerima bantuan Covid-19 menggunakan teknologi Radio frequency identification (RFID). Prototype ini mampu melakukan identifikasi data masyarakat serta melakukan pendistribusian bantuan Covid-19 menggunakan prinsip kerja mirip seperti vending machine dengan menggunakan E-KTP sebagai identitas pengguna untuk mengakses alat. RFID digunakan sebagai sensor yang dapat membaca ID pada E-KTP yang sebelumnya telah didaftarkan oleh admin. Sensor ultrasonik HC-SR04 digunakan sebagai pengganti push button, hal ini bertujuan agar tidak terjadinya penyebaran virus Covid-19 akibat sentuhan dari pengguna. Push button digunakan untuk memberikan perintah kepada motor DC untuk bergerak sehingga pintu penghalang otomatis dapat terbuka. Kemampuan RFID membaca ID pada E-KTP pada jarak optimal yaitu ≤ 1 cm, sedangkan sensor ultrasonik HC-SR04 dapat digunakan dengan baik dengan akurasi sebesar 98,95%. Prototype ini menggunakan NodeMCU ESP32 sebagai mikrokontroler yang berfungsi untuk mengontrol dan menyimpan data yang telah terbaca oleh RFID. NodeMCU ESP32 mengirimkan data tersebut ke basis data yang kemudian dapat dilihat melalui halaman website.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rahmat Rasyid, M.Si
Uncontrolled Keywords: Vending machine, Bantuan Covid-19, RFID, E-KTP
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:04
Last Modified: 24 Feb 2023 08:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124371

Actions (login required)

View Item View Item