PENGARUH PENAMBAHAN SARI BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) TERHADAP KARAKTERISTIK SIRUP BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi, L.)

Gusti Devi, Retno (2023) PENGARUH PENAMBAHAN SARI BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) TERHADAP KARAKTERISTIK SIRUP BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi, L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK_RETNO GUSTI DEVI.pdf - Published Version

Download (486kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I_PENDAHULUAN_RETNO GUSTI DEVI.pdf - Published Version

Download (482kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR_RETNO GUSTI DEVI.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_RETNO GUSTI DEVI.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL_RETNO GUSTI DEVI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sari buah naga merah terhadap karakteristik dan organoleptik sirup belimbing wuluh. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini yaitu rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan yang dilakukan pada penelitian yaitu penambahan sari buah naga merah dengan konsentrasi 0%, 5%, 10, 15% dan 20%. Data yang didapatkan pada penelitian dilakukan analisis statistik secara ANOVA kemudian dilanjutkan analisis Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan sari buah naga merah memberikan pengaruh nyata terhadap uji fisik (warna), uji kimia (pH, kadar gula total, vitamin C, total asam, aktivitas antioksidan, kadar betasianin), dan uji organoleptik (warna dan rasa), dan tidak memberikan pengaruh nyata terhadap uji organoleptik (aroma). Perlakuan terbaik berdasarkan sifat fisik, kimia, mikrobiologi dan organoleptik adalah perlakuan dengan penambahan sari buah naga merah dengan konsentrasi 20% dengan hasil dari uji warna (17,87°Hue), pH (3,67), kadar gula total (73,99%), vitamin C (16,19mg/100g), total asam (1,11%), aktivitas antioksidan (44,65%), kadar betasianin (1,63%), angka lempeng total (2,46 × 102 CFU/g), dan analisis organoleptik warna 4,20 (suka), aroma 3,55 (suka), dan rasa 3,85 (suka). Kata kunci – belimbing wuluh, buah naga merah, karakteristik, sirup

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:53
Last Modified: 24 Feb 2023 03:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124325

Actions (login required)

View Item View Item