RANCANG BANGUN ALAT PENGEMAS MINYAK GORENG CURAH OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER UNTUK USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH

YUDI, MAHENDRA (2023) RANCANG BANGUN ALAT PENGEMAS MINYAK GORENG CURAH OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER UNTUK USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover Abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat jarang membeli minyak goreng curah karena proses pengemasannya yang kurang higienis dan tidak steril. Proses pengemasan minyak goreng membutuhkan tenaga penjual secara langsung sehingga tidak bisa melayani pembeli dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem untuk mengemas minyak goreng curah secara otomatis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah penelitian eksperimental. Penelitian ini dilakukan secara sistematis logis, dan teliti dalam melakukan pembuatan pengemas minyak makan otomatis menggunakan mikrokontroler arduino uno. Perancangan sistem ini terdiri dari tiga proses utama, yaitu pengiriman botol kemasan dan pendetekteksi persediaan botol kemasan, pengisian minyak goreng curah kedalam botol kemasan, serta penutupan botol kemasan untuk membangun alat pengemas minyak goreng dengan output buzzer sebagai suara peringatan ketika persediaan minyak goreng dan botol kemasan habis. Dari penelitian ini dihasilkan alat dengan ukuran: panjang 101cm, lebar 64cm, dan tinggi 34cm, dengan berat 3,87kg. Alat ini dilengkapi dengan mekanik pemberian tutup yang dapat memberikan tutup ketika botol lewat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Eng, Budi Rahmadya
Uncontrolled Keywords: Minyak goreng curah, Mikrokontroler, Pengemas minyak goreng otomatis
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 24 Feb 2023 06:58
Last Modified: 24 Feb 2023 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124308

Actions (login required)

View Item View Item