Pengaruh Pemberian Pakan Fungsional Biji Pepaya (Carica papaya) Dan Kecambah Padi (Oryza sativa) Terhadap Performa Ayam KUB Yang Dipelihara Dengan Sistem Berbeda

Fauzan, M Pasha Nur (2023) Pengaruh Pemberian Pakan Fungsional Biji Pepaya (Carica papaya) Dan Kecambah Padi (Oryza sativa) Terhadap Performa Ayam KUB Yang Dipelihara Dengan Sistem Berbeda. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (Kesimpulan)
BAB 5 (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI M Pasha Nur Fauzan Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya interaksi antara sistem pemeliharaan yang berbeda dengan pemberian Biji Pepaya (Carica papaya) dan Kecambah Padi (Oryza sativa) sebagai pakan fungsional terhadap performa ayam kampung unggul balitbangtan (KUB). Penelitian ini menggunakan 80 ekor DOC ayam KUB. Penelitian dilakukan selama 12 minggu dan perlakuan dimulai pada minggu ke 6 pemeliharaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap pola Faktorial yang terdiri dari dua faktor (2 x 2) dengan 5 kali ulangan. Sebagai perlakuan faktor A adalah pemeliharaan di kandang selama 24 jam (A1), difasilitasi lahan umbaran selama 11 jam (A2). Kemudian sebagai faktor B yaitu tanpa pemberian tepung biji pepaya dan kecambah padi (B0), dan pemberian tepung biji pepaya 0,5% dan kecambah padi segar (B1). Parameter yang diukur adalah performa ayam KUB yaitu konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi (P<0,05) antara sistem pemeliharaan ayam KUB dengan pemberian pakan fungsional terhadap pertambahan bobot badan dan konversi ransum, sedangkan terhadap konsumsi ransum tidak terjadi interaksinya (P>0,05). Hasil uji lanjut DMRT menunjukkan bahwa pemberian pakan fungsional dapat menurunkan pertambahan bobot badan (P<0,05) pada ayam yang dipelihara dengan sistem dikandangkan 24 jam (A1B1), sedangkan pada ayam yang difasilitasi lahan umbaran (A2B1) terjadi peningkatan pertambahan bobot badan (P<0,05) menyamai pertambahan bobot badan ayam yang dikandangkan 24 jam (A1B0). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat interaksi antara sistem pemeliharaan dengan pemberian pakan fungsional tepung biji pepaya dan kecambah padi terhadap pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Pemberian tepung biji pepaya dan kecambah padi dapat meningkatkan pertambahan bobot badan ayam KUB yang dipelihara dengan sistem lahan umbaran selama 11 jam dengan konsumsi 59,45 gr/ekor/hari, pertambahan bobot badan 13,94 gr/ekor/hari dan konversi 5,00.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ayam KUB, Biji Pepaya, Kecambah Padi, Lahan Umbaran, Performa
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:22
Last Modified: 28 Feb 2023 03:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124291

Actions (login required)

View Item View Item