EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI NAGARI PADANG GANTIANG KECAMATAN SANGIR JUJUAN KABUPATEN SOLOK SELATAN

Dimas, Rizki Ikhsani (2023) EVALUASI KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI NAGARI PADANG GANTIANG KECAMATAN SANGIR JUJUAN KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (ABSTRAK DAN COVER)
ABSTRAK DAN COVER .pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nagari Padang Gantiang merupakan salah satu Nagari di Kecamatan Sangir Jujuan yang memiliki potensi untuk pembangunan kelapa sawit baik dari geografi maupun sosial ekonomi. Penanaman kelapa sawit yang tidak sesuai dengan kualitas dan kemampuan lahan mengakibatkan pemanfaatan lahan dan produktivitas kelapa sawit tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelas kesesuaian lahan untuk tanaman kelapa sawit dan membuat peta kesesuaian lahan aktual dan potensial untuk tanaman kelapa sawit. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pengambilan sampel secara purposive sampling pada peta satuan lahan skala 1:50.000. Setelah itu dilakukan penentuan kelas kesesuaian lahan menggunakan metode matching yaitu mencocokkan antara karakteristik lahan dengan syarat tumbuh tanaman kelapa sawit. Hasil penelitian pada kesesuaian lahan aktual antara lain, SL 1 (Neh), SL 2 (S3eh), SL3 (S3nr), SL 4 (S2tc,wa,np). Faktor pembatas yang terdapat di lahan yaitu bahaya erosi (eh), retensi hara (nr), temperatur rata-rata (tc), ketersedian air (wa), dan penyiapan lahan (lp). Setelah dilakukan upaya perbaikan sesuaia dengan factor pembatas lahan, maka didapatkan kelas kesesuaian potensial yaitu SL 1 (Neh), SL 2 (S2tc,wa,eh) , SL 3 (S2tc,wa,nr) dan SL 4 (S2tc,wa,lp). Oleh karena itu, pada SL1 tidak sesuai dan tidak dianjurkan dilakukan penanaman kelapa sawit sedangkan pada SL 2, 3, 4 dapat dilakukan penanaman kelapa sawit dengan memperhatikan faktor pembatas yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Nalwida Rozen, MP
Uncontrolled Keywords: Evaluasi lahan, Kelapa Sawit, Padang Gantiang
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 23 Feb 2023 09:42
Last Modified: 23 Feb 2023 09:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124226

Actions (login required)

View Item View Item