KOMUNIKASI ORANG TUA MINANG-JAWA KEPADA ANAK (Studi Fenomenologi Pembentukan Identitas Diri Anak di Kabupaten Dharmasraya)

Rifky, Rahmadani (2023) KOMUNIKASI ORANG TUA MINANG-JAWA KEPADA ANAK (Studi Fenomenologi Pembentukan Identitas Diri Anak di Kabupaten Dharmasraya). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (331kB)
[img] Text (BAB 1 : PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (BAB 5 : PENUTUP)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (437kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena pernikahan antara etnis Minang dan Jawa di Kabupaten Dharmasraya, memperlihatkan bahwa orang tua harus menyadari Identitas diri anak terbentuk melalui budaya pada orang tua dan penerapannya melalui komunikasi dengan anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana komunikasi orang tua Minang-Jawa kepada anak serta pengalaman dalam mendidik anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan Teori Interactional View yang dikemukakan oleh Paul Watzlawick. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi yang terjadi antara orang tua dengan anak berjalan harmonis dengan keterbukaan dari orang tua. Beberapa cara dilakukan orang tua agar anak tidak terlihat berbeda dengan anak-anak pada umumnya seperti penerapan bahasa daerah dan arahan untuk selalu berinteraksi dengan masyarakat. Melalui cara tersebut orang tua menginginkan anak dapat berinteraksi dengan masyarakat tanpa hambatan dengan adanya dua budaya dalam diri anak. Dalam penerapannya, orang tua memiliki kendala dalam mendidik anak dikarenakan terdapat perbedaan pandangan dari masing masing orang tua. Cara mendidik tersebut meliputi pembagian peran antar orang tua, penggunaan kontrol kekuasaan, dan orang tua yang berperan sebagai role model. Hal ini menunjukkan bahwa terbentuknya identitas diri anak dipengaruhi dari bagaimana komunikasi yang dilakukan oleh orang tua kepada anak mulai dari pengiriman pesan, pemahaman, dan pelaksanaan melalui orang tua kepada anak. Kata Kunci: Komunikasi Orang tua Minang Jawa, Beda Etnis, Identitas Diri

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:51
Last Modified: 23 Feb 2023 08:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124223

Actions (login required)

View Item View Item