FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA KOTA PADANG

Rusmat, Yeri Englania (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BUAYA KOTA PADANG. Diploma thesis, S1 Kebidanan.

[img] Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
Penutup dan Kesimpulan.pdf - Updated Version

Download (52kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pada tahun 2021 Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia sebesar 7.389 kasus, jumlah ini menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun 2020. Tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia terkait dengan banyak faktor, diantaranya kualitas perilaku ibu hamil yang tidak memanfaatkan Antenatal Care pada pelayanan kesehatan kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor-faktor dengan Kunjungan Antenatal Care Pada Ibu Hamil trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study, sampel dalam penelitian ini adalah semua ibu nifas yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang sebanyak 82 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini ada total sampling. Data di peroleh dari kuesioner yang diisi oleh responden, dan di analisis dengan uji statistik chisquare (p≤0,05). Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden lenkap melakukan kunjungan Antenatal Care, umur tidak beresiko, memiliki pengetahuan baik, sikap baik, tidak bekerja, dan ada dukungan dari keluarga. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara umur (p=0,003), pengetahuan (p=0,049), sikap (p=0,039), pekerjaan (p=0,000), dukungan keluarga (p=0,002), dengan kunjungan Antenatal Care. Terdapat hubungan umur, pengetahuan, sikap, pekerjaan, dukungan keluarga dengan kunjungan Antenatal Care. Kata Kunci : Kunjungan Antenatal Care, umur, pengetahuan, sikap, pekerjaan, dukungan keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:35
Last Modified: 23 Feb 2023 08:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124209

Actions (login required)

View Item View Item