KOMUNIKASI PERSUASIF PENYELENGGARA SEKOLAH KELUARGA KOTA BUKITTINGGI DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS KOMUNIKASI KELUARGA

Asyifa, Luthfia (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF PENYELENGGARA SEKOLAH KELUARGA KOTA BUKITTINGGI DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS KOMUNIKASI KELUARGA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI_Asyifa Luthfia_1810863024 FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Program Sekolah Keluarga menjadi salah satu program pembangunan ketahanan keluarga di Kota Bukittinggi bertujuan untuk mengembalikan peranan keluarga sebagai pondasi utama terwujudnya masyarakat yang bermoral. Kegiatan dilaksanakan dengan sistem memberikan ilmu kepada orang tua selama empat bulan bersama dengan pengajar yang ahli di bidangnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses komunikasi persuasif antara penyelenggara dan peserta Sekolah Keluarga, serta untuk menjelaskan elaborasi pesan pada peserta Sekolah Keluarga. Peneliti menggunakan teori kemungkinan elaborasi Likelihood untuk menjelaskan proses elaborasi pesan persuasi hingga terbentuknya perubahan sikap pada peserta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta paradigma konstruktivisme. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta menggunakan metode analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan proses komunikasi persuasif antara penyelenggara dan peserta dimulai dari persiapan Dinas P3APPKB, persiapan narasumber, sosialisasi kepada masyarakat, perekrutan, kemudian dilanjutkan dengan proses belajar mengajar yang berlangsung selama 16 kali pertemuan. Penyelenggara memastikan memilih narasumber yang ahli dalam menyampaikan pesan persuasif kepada masyarakat, sehingga dalam prosesnya narasumber mampu memberikan pesan yang bersifat mendorong perubahan pada masyarakat. Narasumber menyesuaikan metode pengajaran kepada masyarakat di usia dewasa, misalnya menerapkan metode experiential learning, diskusi, dan menampilkan video interaktif. Melalui komunikasi tersebut, menghasilkan perubahan perilaku komunikasi pada keluarga peserta. Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Pembangunan Ketahanan Keluarga, Sekolah Keluarga

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Persuasif, Pembangunan Ketahanan Keluarga, Sekolah Keluarga
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:45
Last Modified: 23 Feb 2023 08:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124113

Actions (login required)

View Item View Item