ESTIMASI OUTPUT BANGSA SAPI PERANAKAN SIMMENTAL DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Yose, Endy Arif (2022) ESTIMASI OUTPUT BANGSA SAPI PERANAKAN SIMMENTAL DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover Abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (247kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (Full Text Skripsi)
full text skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui estimasi output terdiri dari nilai natural increase (NI), net replacement rate (NRR) dan output bangsa sapi Peranakan Simmental di Kabupaten Padang Pariaman. Materi dalam penelitian ini meliputi 105 orang peternak sebagai responden dan 294 ekor bangsa sapi Peranakan Simmental. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik menggunakan metode survey, serta pemilihan lokasi dengan multistage random sampling yang terdiri dari 4 kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman. Variabel yang diamati yaitu identitas peternak, jumlah sapi, jumlah induk yang melahirkan, jumlah kelahiran pedet, jumlah kematian sapi, dan manajemen pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan nilai natural increase (NI) sapi Peranakan Simmental yaitu 14,28%. Nilai net replacement rate (NRR) ternak sapi jantan 124,35% dan betina 130,41%. Hasil estimasi output bangsa sapi Peranakan Simmental di Kabupaten Padang Pariaman yaitu 14,28% dari populasi yang terdiri dari sisa replacement jantan 1,68% dan betina 1,33% serta ternak afkir jantan 6,89% dan betina 4,38%. Nilai output dengan nilai NI pada penelitian ini sama, maka populasi ternaknya dikatakan seimbang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Tinda Afriyani, MP dan Rusdimansyah, S.Pt, M.Si
Uncontrolled Keywords: Estimasi Output, Sapi Peranakan Simmental, Padang Pariaman, Natural Increase, Net Replacement Rate
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 22 Feb 2023 09:17
Last Modified: 22 Feb 2023 09:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123980

Actions (login required)

View Item View Item