PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI DISTRIBUSI TERBAIK PADA USAHA BUNDAKU TEKTEK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

Luzya, Rahmadilla (2023) PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI DISTRIBUSI TERBAIK PADA USAHA BUNDAKU TEKTEK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover & abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (Bab I)
bab I.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text (Bab VI)
bab vi.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (42kB)
[img] Text (Skripsi Full Text Luzya Rahmadilla)
skripsi full Luzya Rahmadilla.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Usaha Bundaku Tektek merupakan usaha produksi rumahan yang bergerak di bidang kuliner. Sebagai usaha produksi rumahan Bundaku Tektek ingin memperluas pemasarannya dengan mengalokasikan produknya ke tempat-tempat strategis. Namun dalam menentukan lokasi strategis dibutuhkan banyak perhitungan terhadap faktor-faktor penentu agar terhindar dari kerugian materi maupun non-materi. Untuk lebih mengoptimalkan pemilihan lokasi distribusi, maka dibutuhkanlah sistem terkomputerisasi yang secara efektif dapat membantu merekomendasikan lokasi distribusi yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan solusi berbasis teknologi informasi berupa Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat menjadi pertimbangan dalam pemilihan lokasi distribusi terbaik, serta untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan berdasarkan kriteria terbaik dalam pemilihan lokasi distribusi yang strategis. Pada penelitian ini, proses pengambilan keputusan pemilihan lokasi distribusi menggunakan metode TOPSIS. Penggunaan metode TOPSIS dalam memperhitungkan lokasi distribusi dapat menghasilkan alternatif lokasi sesuai harapan dan kemampuan pelaku usaha dan perhitungan yang dilakukan dapat menghasilkan suatu keputusan yang cepat dan objektif. Hasil akhir pada penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem pendukung keputusan berbasis web yang dapat membantu usaha Bundaku Tektek dalam pengambilan keputusan pemilihan lokasi distribusi terbaik di Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajril Akbar, M.Sc. & Dwi Welly Sukma Nirad, M.T.
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengambilan Keputusan, Home Industry, Lokasi Distribusi, TOPSIS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:12
Last Modified: 22 Feb 2023 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123965

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item