FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LINTAU BUO II KECAMATAN LINTAU BUO KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2016

LALA, JUO (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEAKTIFAN KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LINTAU BUO II KECAMATAN LINTAU BUO KABUPATEN TANAH DATAR TAHUN 2016. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I oke.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB KESIMPULAN DAN SARAN)
bab 6 oke.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTRA PUSTAKA oke.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI LALA JUO 1411216094.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Posyandu di wilayah kerja Puskesmas Lintau Buo ada 26 posyandu, sarana dan prasarana posyandu masih belum memadai, di bebarapa jorong pencapaian D/S masih rendah dari target yang ditentukan, terdapat seorang balita yang menderita gizi buruk sejak tahun 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan keaktifan kader posyandu di wilayah kerja Puskesmas Lintau Buo II Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar Tahun 2016. Metode Metode penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study.Populasi seluruh kader posyandu 130, sampel 48 responden, pengambilan sampel dengan proportionate random sampling, dan data diperoleh dengan menggunakan kuesioner.Analisis data menggunakan ujistatistik chi-square. Hasil Hasil penelitian kader yang aktif sebanyak 47,9%, pengetahuan tinggi sebanyak 54,2%, tingkat motivasi tinggi sebanyak 60,4%, sarana dan prasarana yang memadai sebanyak 83,3%, dan keterjangkauan fasilitas pelayana kesehatan yang terjangkau sebanyak 89,6%. Berdasarkan uji statistic diketahui bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara variabel pengetahuan (p value=0,001), variabel Motivasi (p value=0,033) dengan keaktifan kader posyandu. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara variabel pengetahuan dengan keaktifan kader posyandu dan variabel motivasi dengan keaktifan kader posyandu. Petugas Puskesmas Lintau Buo II diharapkan agar memberikan pelatihan kepada kader posyandu minimal 3 bulan sekali dan secara berkesinambungan untuk lebih meningkatkan keaktifan kader posyandu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 25 Jul 2016 04:27
Last Modified: 25 Jul 2016 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12396

Actions (login required)

View Item View Item