ANALISIS MORFOMETRIKA GEOMETRIS PUTATIF HIBRID ALAM ANTARA Nepenthes gymnamphora Reinw. ex Nees DENGAN Nepenthes inermis Danser

Firham Yasra, Firham (2023) ANALISIS MORFOMETRIKA GEOMETRIS PUTATIF HIBRID ALAM ANTARA Nepenthes gymnamphora Reinw. ex Nees DENGAN Nepenthes inermis Danser. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (TESIS_FULL TEXT)
Full Tesis_FirhamYasra.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pengamatan pendahuluan dilapangan terhadap populasi Nepenthes yang terdapat di Gunung Kunyit, Kabupaten Kerinci, ditemukan beberapa jenis Nepenthes yang hidup secara simpatrik, yaitu N. gymnamphora dengan N. inermis. Selain itu ditemukan pula populasi Nepenthes yang diduga merupakan hibrid alam dari kedua jenis tersebut. Takson yang belum teridentifikasi ini secara morfologi kantong memiliki karakter intermediate dengan kedua spesies lain. Namun, diperlukan analisis untuk membuktikan bahwa taksa tersebut merupakan hibrid alam. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan morfometrika geometris. Kantong Nepenthes difoto dari tiga sudut pandang yang berbeda dan kemudian dilakukan analisis outline berbasis Fourier (Elliptical Fourier analysis). Selanjutnya dilakukan analisis menggunakan Principal Component Analysis (PCA) dan multivariate analysis of variance (MANOVA). Analisis data dilakukan menggunakan R Statistical Software. Total Nepenthes yang diperoleh pada penelitian ini adalah 18 sampel (6 sampel pada setiap spesies). Hasil penelitian menunjukan adanya variasi pada bentuk kantong putatif hibrid alam antara spesies N. gymnamphora dengan N. inermis. Karakter yang menunjukkan variasi terdapat pada bentuk kantong pada tampilan depan, posisi mulut kantong dan bentuk bagian bawah kantong pada tampilan samping dan ukuran lid kantong pada tampilan lid. Nepenthes yang memiliki karakter bentuk intermediate dengan kedua tetuanya (Nepenthes gymnamphora dan Nepenthes inermis) merupakan individu hibrid alam.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Syamsuardi
Uncontrolled Keywords: Natural hybrid, geometric morphometrics, outline, Nepenthes.
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:51
Last Modified: 22 Feb 2023 04:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123920

Actions (login required)

View Item View Item