PENGARUH MEDIA TUMBUH LARVA BLACK SOLDIER FLY YANG DITAMBAHKAN BERBAGAI SUMBER OMEGA 3 TERHADAP PRODUKSI MAGGOT, BAHAN KERING, PROTEIN KASAR, LEMAK KASAR, DAN BILANGAN IOD TEPUNG MAGGOT

HAZIMI RAMDHANI, FARHAN (2023) PENGARUH MEDIA TUMBUH LARVA BLACK SOLDIER FLY YANG DITAMBAHKAN BERBAGAI SUMBER OMEGA 3 TERHADAP PRODUKSI MAGGOT, BAHAN KERING, PROTEIN KASAR, LEMAK KASAR, DAN BILANGAN IOD TEPUNG MAGGOT. Diploma thesis, Peternakan.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
surat pernyataan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka)
surat pernyataan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3 Materi dan Metode)
surat pernyataan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
surat pernyataan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5 Kesimpulan dan Saran)
surat pernyataan.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sumber bahan omega 3 dalam media tumbuh larva Black Soldier Fly (Hermetia illucens) terhadap produksi maggot, bahan kering, protein kasar, lemak kasar dan bilangan iod tepung maggot. Media yang digunakan berupa campuran limbah buah diantaranya ialah kulit nenas, kulit jeruk, yang dicampurkan dengan dedak yang difermentasi. Penelitian ini menggunakan metode experimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Kelima perlakuan tersebut adalah : A(media tumbuh campuran limbah buah dan dedak yang fermentasi/media kontrol), B(media A + tanaman bayam), C(media A + jeroan ikan), D(media A + tanaman krokot), E(media A + minyak ikan). Parameter yang diukur adalah produksi maggot BSF, bahan kering, protein kasar, lemak kasar, dan bilangan iod dari tepung maggot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan bahan sumber omega 3 dalam media tumbuh larva BSF berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap lemak kasar dan bilangan iod tepung maggot, akan tetapi berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap produksi maggot, bahan kering dan protein kasar tepung maggot. Penambahan tanaman krokot didapatkan nilai bilangan iod pada tepung maggot BSF lebih tinggi dibanding sumber omega yang lain. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penambahan krokot sebagai sumber omega 3 dalam media tumbuh larva BSF memberikan pengaruh terbaik terhadap produksi dan kandungan nutrisi maggot BSF dengan produksi maggot sebesar 12,25 gr/100gr, bahan kering 97,20%, protein kasar 50,99%, lemak kasar 36,39%, bilangan iod 34,77 gr I2/100 gram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:27
Last Modified: 22 Feb 2023 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123847

Actions (login required)

View Item View Item