PARTISIPASI ANGGOTA PERKUMPULAN PETANI PEMAKAI AIR (P3A) KARYA SEPAKAT DALAM PEMELIHARAAN JARINGAN IRIGASI TERSIER DAERAH IRIGASI TALUAK BAWAH DI KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK

Defira, Defira (2023) PARTISIPASI ANGGOTA PERKUMPULAN PETANI PEMAKAI AIR (P3A) KARYA SEPAKAT DALAM PEMELIHARAAN JARINGAN IRIGASI TERSIER DAERAH IRIGASI TALUAK BAWAH DI KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Daerah irigasi merupakan bagian penting dalam proses pertanian dan perlu dilakukan pemeliharaan jaringan irigasi dalam pelaksanaannya melibatkan peran serta masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemeliharaan jaringan irigasi tersier P3A Karya Sepakat Daerah Irigasi Taluak Bawah di Nagari Jawi-Jawi Kecamatan Gunung Talang dan menganalisis tingkat partisipasi anggota P3A Karya Sepakat dalam pemeliharaan jaringan irigasi tersier di Nagari Jawi-Jawi Kecamatan Gunung Talang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan kuantitatif, dengan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemeliharaan jaringan irigasi tersier P3A Karya Sepakat pada Daerah Irigasi Bandar Taluak Bawah pemeliharaan yang dilakukan yaitu pengamanan jaringan irigasi, pemiliharaan secara rutin, berkala dan darurat. Partisipasi petani dalam pemeliharaan jaringan irigasi tersier di Daerah Irigasi Bandar Taluak Bawah masih berada pada kategori sedang, yaitu pada titik 33,30 yang terletak pada interval >23,33 – 36,33. Artinya dari pengamatan terhadap empat kegiatan pemeliharaan jaringan irigasi hanya dua kegiatan yang partisipasi anggota P3A termasuk kategori tinggi yaitu pada kegiatan pemeliharaan rutin dan pemeliharaan darurat sedangkan dua kegiatan lainnya tingkat partisipasi anggota P3A termasuk kategori sedang yaitu kegiatan pengamanan jaringan irigasi dan pemeliharaan berkala, hal ini disebabkan adanya kegiatan yang berjalan kurang efektif dan sebagian petani menganggap kalau semua itu hanya tugas pengurus P3A, Tuo Banda dan tanggung jawab Dinas Pengairan. Berdasarkan hasil penelitian, petani sebaiknya agar mempertahankan dan memaksimalkan pemeliharaan jaringan irigasi baik secara pribadi maupun sebagai sebuah organisasi agar tetap terjaga kelestarian dan keberlanjutan sumber air.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yuerlita, S.Si., M.Si., Ph.D
Uncontrolled Keywords: P3A Karya Sepakat, Partisipasi Petani, Pemeliharaan Irigasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:52
Last Modified: 22 Feb 2023 03:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123759

Actions (login required)

View Item View Item