PENGARUH PENCELUPAN BENIH KAKAO (Theobroma cacao L.) DALAM EKSTRAK KULIT JERUK SEBAGAI COATING TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR

Dewi, Sawalina (2023) PENGARUH PENCELUPAN BENIH KAKAO (Theobroma cacao L.) DALAM EKSTRAK KULIT JERUK SEBAGAI COATING TERHADAP VIABILITAS DAN VIGOR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (360kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Benih kakao (Theobroma cacao L.) termasuk ke dalam benih rekalsitran yang mempunyai kadar air tinggi, tidak tahan terhadap suhu rendah dan desikan sehingga menyebabkan benih tidak dapat disimpan dalam waktu yang lama. Pada kondisi kadar air tinggi, terjadi perombakkan cadangan makanan pada benih melalui proses respirasi benih menyebabkan terjadinya penurunan mutu benih. Oleh karena itu perlu dilakukan upaya tertentu seperti pelapisan (coating) benih agar benih tersebut dapat disimpan dalam jangka waktu lama. Percobaan ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi terbaik ekstrak kulit jeruk yang mampu mempertahankan viabilitas dan vigor benih kakao selama penyimpanan. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan konsentrasi ekstrak kulit jeruk yaitu 0, 0,5, 1, 1,5 dan 2% yang diulang 4 kali. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan sidik ragam atau uji F dan apabila berbeda nyata dilakukan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencelupan benih kakao ke dalam larutan ekstrak kulit jeruk belum didapatkan konsentrasi terbaik yang mampu mempertahankan viabilitas dan vigor benih kakao selama penyimpanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:17
Last Modified: 21 Feb 2023 08:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123725

Actions (login required)

View Item View Item