ANALISIS PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH MAKANAN (Studi Kasus : Industri Kerupuk Keripik Peyek Dan Sejenisnya Di Kota Padang )

PENI, SHOFFIYATI (2014) ANALISIS PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICES (GMP) PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH MAKANAN (Studi Kasus : Industri Kerupuk Keripik Peyek Dan Sejenisnya Di Kota Padang ). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Thesis Full text)
PeniShoffiyati.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui dan mendeskripsikan penerapan GMP saat ini pada IKM makanan kerupuk keripik peyek dan sejenisnya di Kota Padang, meliputi aspek produksi, aspek karyawan, aspek sarana dan prasarana, aspek dokumentasi, dan aspek pengendalian mutu, 2) Menganalisis tingkat penerapan GMP pada IKM makanan kerupuk keripik peyek dan sejenisnya di Kota Padang. Penelitian telah dilaksanakan selama tiga bulan yaitu sejak bulan Oktober sampai dengan Desember 2013 di Kota Padang. Pada metodologi penelitian ini, dalam menjawab tujuan penelitian pertama, yaitu dengan analisis deskriptif berupa mendeskriptifkan hasil kuesioner melalui bentuk tabel-tabel dari hasil pengukuran variabel penelitian. Sedangkan untuk menjawab tujuan penelitian kedua, dalam pengolahan data hasil kuesioner penulis menggunakan skala Guttman. Untuk menganalisis tingkat penerapan GMP pada IKM Kerupuk Keripik Peyek dan sejenisnya ini juga digunakan uji proporsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan GMP pada IKM kerupuk keripik peyek dan sejenisnya di Kota Padang masih belum optimal dilaksanakan. Hal ini ditunjukkan dengan tidak seluruhnya IKM tersebut melaksanakan kriteria standar GMP yang ada pada masing-masing aspek. Walaupun pada aspek produksi penerapan standar GMP sudah sebagian besar dilakukan, tapi untuk aspek pengendalian mutu banyak standar pada aspek tersebut yang belum dilaksanakan. Sedangkan pada ketiga aspek lainnya yaitu aspek karyawan, aspek sarana dan prasarana serta aspek dokumentasi ada sebagian besar standar pada masing-masing aspek tersebut yang belum dilaksanakan. Adapun untuk tingkat penerapan GMP pada IKM kerupuk keripik peyek dan sejenisnya di Kota Padang dapat dilihat pada masing-masing aspek, dimana untuk aspek produksi pada IKM kerupuk kripik peyek dan sejenisnya di Kota Padang telah maksimal dilaksanakan. Sedangkan tingkat penerapan GMP pada aspek karyawan, serta aspek sarana dan prasarana pada IKM kerupuk kripik peyek dan sejenisnya di Kota Padang belum maksimal dilaksanakan. Terakhir tingkat penerapan GMP pada aspek dokumentasi dan aspek pengendalian mutu pada IKM kerupuk kripik peyek dan sejenisnya di Kota Padang kurang maksimal dilaksanakan. Kata Kunci : GMP, IKM Makanan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 23 Jul 2016 08:20
Last Modified: 23 Jul 2016 08:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12372

Actions (login required)

View Item View Item