Rancang Bangun Sistem Hidroponik DFT Terhadap pH Larutan Nutrisi dan Pencahayaan Berbasis IoT pada Tanaman Selada Merah (Lactuca sativa L.)

Puspita, Nadrah (2023) Rancang Bangun Sistem Hidroponik DFT Terhadap pH Larutan Nutrisi dan Pencahayaan Berbasis IoT pada Tanaman Selada Merah (Lactuca sativa L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrack.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (295kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (199kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi_Nadrah Puspita_1811112009_Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Negara agraris merupakan suatu negara yang perekonomiannya bergantung atau ditopang sektor pertanian. Upaya dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat terkhususnya komoditi sayur-sayuran, yang mana kondisi saat ini lahan pertanian yang semakin sempit dan berkurang maka diperlukan inovasi baru dalam upaya penanaman sayuran pada kondisi lahan terbatas. Hidroponik ialah aktivitas pertanian yang dijalankan dengan menggunakan air sebagai media untuk menggantikan tanah sebagai media tanam, sehingga hidroponik dapat diterapkan pada lahan sempit sekalipun. Tujuan utama dari penelitian ini yakni untuk merancang sistem hidroponik DFT terhadap pengaturan pH larutan nutrisi dan pencahayaan berbasis Internet of Things (IoT) pada tanaman selada merah. Sistem hidroponik DFT ini menggunakan perangkat lunak mikrokontroler Wemos D1 R2 dan beberapa sensor meliputi sensor pH, sensor intensitas cahaya (BH1750). Prototype hidroponik sistem DFT dibuat menggunakan talang air pipa PVC dengan ukuran sebanyak 4 tingkat, setiap tingkat memiliki 10 lubang net pot dan jarak antar lubang sebesar 5,5 cm. Sistem yang berkerja pada hidroponik DFT dapat di monitoring melalui Blynk App sebagai platform Internet of Things. Penelitian dilakukan selama 30 hari pengamatan dengan jumlah sampel 20 tanaman selada merah sistem dan 11 tanaman kontrol didapatkan nilai rata-rata analisis regresi R2 pada sensor pH 0,9823 dan sensor intensitas cahaya 0,9998. Pengamatan pertumbuhan tanaman selada merah didapatkan rata-rata tinggi tanaman selada merah sistem yakni 27,585 cm dan tanaman selada merah kontrol 18,9 cm, rata-rata lebar daun tanaman selada merah sistem 14,465 cm dan tanaman selada merah kontrol 10,7 cm, kemudian rata-rata jumlah daun tanaman selada merah sistem 9,2 helai dan selada merah kontrol 8,5 cm. Sistem hidroponik DFT yang dilengkapi dengan sistem kontrol dan monitoring yang telah dibangun bekerja dengan baik dan efisien yang dapat dikembangkan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 21 Feb 2023 04:17
Last Modified: 21 Feb 2023 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123631

Actions (login required)

View Item View Item