HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN JASA PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP AMBUN PAGI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2014

NOVA, RITA (2014) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN JASA PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP AMBUN PAGI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2014. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Thesis Full Text)
NovaRita.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)

Abstract

Tingginya animo masyarakat untuk pergi berobat keluar negeri menjadikan tingginya persaingan antar rumah sakit didalam negeri untuk memperebutkan pasien sebagai konsumen pengguna jasa pelayanan rumah sakit. Tingginya persaingan tersebut mengharuskan rumah sakit untuk mampu menghasilkan pelayanan berkualitas sehingga dapat menciptakan loyalitas pasien. loyalitas akan tercipta apabila adanya implementasi bauran jasa pelayanan keperawatan yang terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran jasa pelayanan keperawatan dengan loyalitas pasien. Jenis penelitian ini survey analitik dengan rancangan cross sectional study dengan sampel penelitian sebanyak 68 orang. Cara pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji chi square dan uji regresi logistik. Hasil analisis mendapatkan adanya hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran jasa pelayanan keperawatan (produk, tempat, harga, promosi, sumber daya keperawatan, proses dan kondisi lingkungan fisik) dengan loyalitas pasien, dimana nilai p < 0,05. Kesimpulan penelitian didapatkan adanya hubungan paling signifikan antara bauran jasa pelayanan keperawatan dengan loyalitas pasien. Hubungan paling signifikan terlihat pada variabel sumber daya keperawatan dan asuransi kesehatan dengan loyalitas pasien. Bagian pengembangan pelayanan rumah sakit perlu untuk meningkatkan ilmu pengetahuan sumber daya keperawatan agar bisa menghasilkan produk yang berkualitas karena produk berkualitas mampu meningkatkan loyalitas pasien. Kata kunci : Bauran, pemasaran, loyalitas, pasien Kepustakaan : 62 (1999 - 2013)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 23 Jul 2016 03:07
Last Modified: 23 Jul 2016 03:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12348

Actions (login required)

View Item View Item