PELAKSANAAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA JENIS SABU DI MASA PANDEMI COVID-19 OLEH SATUAN RESERSE NARKOBA POLRESTA PADANG ( Studi di Polresta Kota Padang )

Muhammad Fadillah, Alfariz (2023) PELAKSANAAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA JENIS SABU DI MASA PANDEMI COVID-19 OLEH SATUAN RESERSE NARKOBA POLRESTA PADANG ( Studi di Polresta Kota Padang ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (51kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (121kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penyalahgunaan narkotika hampir setiap hari menjadi perbincangan. Terutama narkotika jenis sabu yang disebutkan dalam Pasal 153 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika bahwa sabu bukan lagi disebut psikotropika. Sabu sudah dimasukkan ke dalam undang-undang narkotika sebagai narkotika golongan I. Melihat tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis sabu terus meningkat, maka pelaksanaan penyidikannya sulit untuk dilaksanakan tanpa adanya koordinasi dari masyarakat apalagi di masa pandemi Covid-19. Sehingga menimbulkan berbagai kendala dan upaya. Penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah (1) Bagaimana pelaksanaan penyidikan tindak pidana narkotika jenis sabu di masa pandemi Covid-19 oleh Satuan Reserse Narkoba Polresta Padang. (2) Apa kendala yang ditemukan dalam melakukan penyidikan tindak pidana narkotika jenis sabu di masa pandemi Covid-19 oleh Satuan Reserse Narkoba Polresta Padang. (3) Bagaimana upaya penyidik Satuan Reserse Narkoba Polresta Padang dalam mengatasi kendala yang ditemukan saat pelaksanaan penyidikan. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris, yaitu pendekatan dengan memadukan bahan-bahan hukum dengan data primer yang diperoleh di lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif Analitis yaitu dengan memberikan gambaran secara tepat dan menyeluruh. Dari hasil penelitian ini penulis menyimpulkan pelaksanaan penyidikan tindak pidana narkotika jenis sabu di masa pandemi oleh Satresnarkoba Polresta Padang dilaksanakan dengan penambahan protokol kesehatan yang ketat karena ada penyesuaian dengan Permenkes No. 9 Tahun 2020. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penyidikan di masa pandemi yakninya dalam melakukan penangkapan, pemeriksaan dan penahanan dengan ruang, dana dan teknologi yang terbatas, kurangnya personil penyidik kepolisian, kurangnya koordinasi terhadap masyarakat setempat. Dari kendala tersebut sudah ada upaya yang dilakukan diantaranya dengan menambahkan ruang tahanan sementara (Isolasi) sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di rumah tahanan dikarenakan pengguna narkotika jenis sabu lebih beresiko terpapar Covid-19, melakukan cek kesehatan, ketersediaan terknologi untuk pemeriksaan dengan media telekonferensi, penambahan batas waktu dalam pelaksanaan penyidikan, menggunakan sarung tangan dan penyemprotan hand sanitizer bagi penyidik dalam pelaksanaan penyidikan untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Kata Kunci : Penyidikan, Tindak pidana, Narkotika, Sabu, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 17 Feb 2023 09:11
Last Modified: 17 Feb 2023 09:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123392

Actions (login required)

View Item View Item