KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, GEJOLAK EKONOMI DAN CORPORATE DISTRESS PADA PERUSAHAAN JASA NON KEUANGAN DI INDONESIA (1998 - 2019

SEFLIDIANA ROZA, SDR (2021) KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, GEJOLAK EKONOMI DAN CORPORATE DISTRESS PADA PERUSAHAAN JASA NON KEUANGAN DI INDONESIA (1998 - 2019. Doctoral thesis, universitas andalas.

[img] Text (COVER DA N ABSTRAK)
Cover dan Abstrak baru watermark.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I sefli.pdf - Published Version

Download (480kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V sefli.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAftar Pustaka disertasi sefli.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (FULL TEXT)
disertasi Sefli 2023 lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui karakteristik perusahaan yang dapat mempengaruhi prediksi corporate distress dan juga mengethaui dampak gejolak ekonomi terhadap prediksi corporate distress pada perusahaan jasa non keuangan di Indonesia dari tahun 1998 – 2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dimana objek penelitian adalah perusahaan jasa non keuangan di Indonesia dengan jumlah populasi sebanyak 326 perusahaan yang terdaftar per Februari 2020. Tekhnik pengambilan sampel dengan purposive sampling yang memiliki kriteria (1) Perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesian dari tahun 1998 – 2019, (2) Memiliki laporan keuangan dan tahunan yang lengkap dari tahun 1998 -2019 dan (3) Perusahaan aktif memperdagangkan sahamnya selama periode 1998-2019,perusahaan tidak pernah delisting dari bursa dalam peride 1998-2019. dari kriteria tersebut didapatkan sampel sebanyak 66 perusahaan. penelitian menggunakan data panel dengan analisis regresi data panel dan analisis komperatif non parametrik. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam memprediksi corporate distress dengan model Zmijewsky di dapat selama tahun 1998 sampai tahun 2019 terjadi fluktuasi perusahaan yang mengalami corporate distress dan dengan estimasi data panel didapat variabel Pengalaman perusahaan yang di proksi dengan umur berpengaruh secara signifikan terhadap corporate distress, serta gejolak ekonomi yang di proksi dengan pertumbuhan ekonomi dalam penelitian ini juga berpengaruh secara signifikan terhadap prediksi corporae distress. Terdapat perbedaan karakteristik pada setiap masa gejolak ekonomi dari hasil yang didapat bahwa pada masa-masa ekonomi mengalami penurunan karaktersistik yang berpengaruh adalah jumlah tenaga kerja, sedangkan pada saat ekonomi bertumbuh atau recovery karakteristik perusahan yang berpengaruh Pengalaman perusahaan dan ukuran perusahaan Kata Kunci : Karakteristik Perusahaan, Model X-Score, Corporate distress, gejolak ekonomi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Tafdil Husni, SE, MBA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (S3)
Depositing User: s3 Ilmu Ekonomi
Date Deposited: 16 Feb 2023 09:56
Last Modified: 16 Feb 2023 09:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123337

Actions (login required)

View Item View Item