INHIBITOR KOROSI DARI BAHAN ALAM SEBAGAI PENGHAMBAT PELEPASAN ION LOGAM PADA ALAT ORTODONTIK

Fahira, Ocsa Visra (2020) INHIBITOR KOROSI DARI BAHAN ALAM SEBAGAI PENGHAMBAT PELEPASAN ION LOGAM PADA ALAT ORTODONTIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text (Bab 3 Kesimpulan)
BAB III Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftas Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Alat ortodontik pada umumnya memakai bahan logam, bahan logam yang paling sering digunakan pada alat ortodontik yaitu Ni-Ti dan stainless steel. Alat ortodontik berbahan logam berinteraksi dengan lingkungan di dalam rongga mulut dapat berpotensi terjadinya korosi dan menyebabkan pelepasan ion logam kedalam tubuh dapat menimbulkan reaksi seperti karsinogenik, alergenik serta hipersensitivitas untuk itu diperlukan penambahan inhibitor sebagai upaya pengurangan reaksi korosi. Tujuan dari kajian literatur ini untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan inhibitor korosi dari bahan alam sebagai penghambat pelepasan ion logam pada alat ortodontik. Hasil yang didapatkan dari beberapa penelitian inhibitor korosi dari bahan alam efektif sebagai penghambat pelepasan ion logam karena memiliki karakteristik sebagai inhibitor korosi yaitu adanya senyawa aktif yang mengandung senyawa antioksidan sehingga dapat melindungi logam dari korosi dan pelepasan ion. Bahan alam yang digunakan sebagai inhibitor korosi antara lain ekstrak daun teh hijau, ekstrak daun kulit semangka, ekstrak daun belimbing, ekstrak daun pepaya, ekstrak daun pandan dan ekstrak kulit pisang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. EmriadI, MS
Uncontrolled Keywords: alat ortodonti, inhibitor korosi berasal dari bahan alam, Ni-Ti, penghambat pelepasan ion, stainless steel
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:03
Last Modified: 27 Feb 2023 04:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123319

Actions (login required)

View Item View Item