Potensi Granul Isolat Bakteri Selulolitik dan Lignolitik Baglog Pascapanen Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus L.) dalam Upaya Pengurangan Bobot Sampah Organik

Agria, Yolanda (2023) Potensi Granul Isolat Bakteri Selulolitik dan Lignolitik Baglog Pascapanen Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus L.) dalam Upaya Pengurangan Bobot Sampah Organik. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (493kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bakteri Selulolitik dan Lignolitik pada baglog pascapanen memiliki peran penting dalam mempercepat proses dekomposisi sampah organik. Konversi bakteri ke dalam bentuk produk granul dapat mempermudah pengaplikasian bakteri agar lebih efektif dan efisien. Penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi bakteri Selulolitik dan Lignolitik pada baglog pascapanen Jamur Tiram Putih; menentukan karakter potensi Selulolitik dan Lignolitik kandidat bakteri potensial; Menganalisis aktivitas selulase dan lignin peroksidase (LiP) pada 4 perlakuan variasi isolat bakteri selulolitik dan lignolitik; Menentukan viabilitas bakteri dan aktivitas enzim pada produk granul; dan Menentukan kemampuan produk granul isolat bakteri potensial terhadap menurunkan bobot sampah organik. Eksplorasi keberadaan bakteri pada baglog pascapanen dan produksi enzim dilakukan dengan metode observasi dan eksperimen, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hasil penelitian ini menunjukkan persentase total keberadaan beberapa golongan bakteri pada baglog pascapanen yaitu 21 – 29,3% bakteri Selulolitik, 33 – 41% bakteri Lignolitik, 14,1 – 19% bakteri Proteolitik dan 8,6 – 17% bakteri Fermentatif; isolat PD04S dan PYK2L yang memiliki potensi Selulolitik dan Lignolitik tertinggi, dilanjutkan sebagai starter dalam produksi enzim; variasi jenis isolat Lignolitik merupakan perlakuan terbaik yang berpengaruh nyata terhadap aktivitas enzim dengan nilai aktivitas selulase mencapai 0,920 µmol/g dan aktivitas LiP mencapai 632,360 U/g, kemudian dikonversikan ke dalam produk granul; dan terjadi penurunan bobot sampah organik dengan produk granul mencapai 41%. Berdasarkan hal tersebut diketahui bahwa produk granul isolat bakteri Lignolitik PYK2L mampu mengurangi bobot sampah organik.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.phil.nat. Nurmiati
Uncontrolled Keywords: Selulolitik, Lignolitik, Aktivitas Selulase, Lignin Peroksidase
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:15
Last Modified: 16 Feb 2023 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123278

Actions (login required)

View Item View Item