FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN UTILISASI PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JAMKESMAS) DI PUSKESMAS KAYU JAO KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK

IKE, ENDAH KESUMAH (2014) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN UTILISASI PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JAMKESMAS) DI PUSKESMAS KAYU JAO KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (TESIS FULLTEXT)
201504241049th_ike endah kesumah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (819kB)

Abstract

Program Jamkesmas diselenggarakan secara Nasional, sampai saat ini masalah kesehatan Nasional masih cukup tinggi, dilihat dari indikator derajat kesehatan secara makro yaitu Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih cukup tinggi. Status kesehatan akan lebih buruk pada masyarakat miskin 4 kali lebih besar karena keterbatasan pengetahuan akses pelayanan kesehatan dan kemapuan membayar pelayanan kesehatan yang semakin mahal. Utilisasi pelayanan kesehatan di Puskesmas Kayu Jao masih rendah, hal ini dapat dilihat pada cakupan kunjungan peserta Jamkesmas hanya 9,2%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Utilisasi Pelayanan Kesehatan Peserta Jamkesmas di Puskesmas Kayu Jao Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan rancangan Cross Sectional Study. Metode pengumpulan data secara kuantitatif dan didukung dengan data kualitatif. Pengumpulan data kuantitatif dengan menggunakan kuesioner terhadap 97 orang sampel dan pengumpulan data kualitatif dengan menggunakan pedoman wawancara terhadap 12 orang subjek penelitian. Data diolah dari data kuantitatif dan data kualitatif, kemudian dilakukan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil univariat didapatkan bahwa yang tidak menggunakan pelayanan kesehatan sebanyak 42,3%, tingkat pengetahuan rendah 44,3%, sikap negative terdapat 54,6%, ketersediaan pelayanan tidak lengkap sebanyak 51,5%, ketercapaian fasilitas jauh oleh peserta Jamkesmas sebanyak 42,3%, petugas yang tidak mendukung sebanyak 39,2% dan keluarga yang tidak mendukung sebanyak 38,1% . Hasil analisis bivariat didapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan, sikap, ketersediaan pelayanan, ketercapaian fasilitas, dukungan petugas dan dukungan keluarga dengan utilisasi pelayanan kesehatan peserta Jamkesmas. Sedangkan dari hasil multivariat faktor yang paling berperan terhadap utilisasi pelayanan kesehatan adalah dukungan petugas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 23 Jul 2016 02:49
Last Modified: 23 Jul 2016 02:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12325

Actions (login required)

View Item View Item