Analisis Kualitas Fisik Pada Sate Danguang-Danguang Di Jorong Balai Mansiro dan Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota

Famantha, Fina (2023) Analisis Kualitas Fisik Pada Sate Danguang-Danguang Di Jorong Balai Mansiro dan Kubang Tungkek Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text (bab 1 pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (penutup)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sate Danguang-Danguang merupakan makanan khas Sumatera Barat, yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas fisik dari sate Danguang-Danguang di Jorong Balai Mansiro dan Kubang Tungkek berdasarkan Tekstur, Keempukan, dan TBA (Thio Barbituric Acid). Sampel sate diambil dari 8 pedagang sate Danguang-Danguang di Jorong Balai Mansiro dan Kubang Tungkek. Metode yang digunakan adalah survei dan analisis laboratorium. Pengolahan data disajikan dalam bentuk tabulasi data dan dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sate Danguang-Danguang yang di jual di Jorong Balai Mansiro dan Kubang Tungkek memperoleh hasil rataan tekstur tertinggi terdapat pada sampel MD3 yaitu 0.51 N/cm2 dan rataan terendah pada sampel MD6 yaitu 0.14 N/cm2. Hasil pengujian keempukan memperoleh rataan tertinggi pada sampel MD7 yaitu 4.33 kg/cm2 dan rataan terendah pada sampel MD6 yaitu 1.43 kg/cm2. Pada pengujian TBA (Thio Barbituric Acid) memperoleh hasil rataan yang memenuhi standar aman pangan yaitu rataan tertinggi pada sampel MD4 yaitu 0.250 mg malonaldehid/kg, dan nilai rataan TBA terendah pada sampel MD3 yaitu 0.237 mg malonaldehid/kg. Kata Kunci : Daging, Sate Danguang-Danguang, Tekstur, Keempukan, TBA (Thio Barbituric Acid).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 15 Feb 2023 04:55
Last Modified: 15 Feb 2023 04:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123229

Actions (login required)

View Item View Item