PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA

BENING, FADHILLA (2015) PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE DI BURSA EFEK INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201503041727th_skripsi fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)

Abstract

Kinerja keuangan merupakan faktor yang sangat penting diperhatikan oleh investor dalam berinvestasi karna jika kinerja keuangan perusahaan meningkat secara tidak langsung akan menaikkan harga saham perusahaan. Selain kinerja keuangan faktor lain yang harus dipertimbangkan oleh investor dalam melakukan investasi adalah kebijakan dividen. Para pemegang saham umumnya menginginkan pembagian dividen yang stabil karena hal tersebut akan mengurangi ketidakpastian hasil yang diharapkan dari investasi yang dilakukan, selain itu dapat meningkatkan kepercayaan pemegang saham terhadap perusahaan sehingga nilai saham meningkat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan dan kebijakan dividen terhadap harga saham pada perusahaan property dan real estate di Bursa Efek Indonesia periode 2010 – 2013. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 10 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial rasio likuiditas, rasio pasar dan kebijakan dividen berpengaruh positif terhadap harga saham. Rasio solvabilitas dan rasio profitabilitas berpengaruh negatif terhadap harga saham, sedangkan rasio aktivitas tidak berpengaruh terhadap harga saham. Kata kunci: harga saham (PER), rasio likuiditas (CR), rasio aktivitas (TATO), ), rasio solvabilitas (DER), rasio profitabilitas (ROA) dan kebijakan dividen (DPR)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 23 Jul 2016 02:37
Last Modified: 23 Jul 2016 02:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12320

Actions (login required)

View Item View Item