Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Risiko Terjadinya Malnutrisi Rumah Sakit pada Pasien Anak di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020

Putri, Elica Jasman (2022) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Risiko Terjadinya Malnutrisi Rumah Sakit pada Pasien Anak di RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (672kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Malnutrisi rumah sakit (MRS) adalah malnutrisi yang terjadi selama masa rawatan di rumah sakit, yang memiliki dampak terhadap kompilkasi dan mortalitas pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan risiko terjadinya MRS pada pasien anak di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2020 – Desember 2022 di Bagian Rekam Medik RSUP Dr. M. Djamil Padang. Data yang digunakan berupa data sekunder yang bersumber dari rekam medis. Analisis data menggunakan uji Chi-square dan uji Fisher’s exact untuk analisis bivariat. Uji regresi logistik digunakan untuk analisis multivariat. Kemaknaan statistik ditentukan jika nilai p<0,05. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar pasien usia <5 tahun dengan penyakit utama adalah penyakit paru. Faktor risiko yang berhubungan dengan MRS adalah skor STRONGkids, status gizi, dan lama masa rawatan. Prevalensi MRS sebanyak 21,2%. Hasil analisis bivariat didapatkan jumlah diagnosis (p=0,328), skor STRONGkids (p=0,001), status gizi (p=0,012), jenis terapi nutrisi (p=0,123), lama masa rawatan (p=0,001), dan riwayat penyakit kritis (p=0,607). Hasil uji analisis multivariat didapatkan skor STRONGkids (OR=0,143) dan lama masa rawatan (OR=0,222). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu skor STRONGkids dan lama masa rawatan menjadi faktor dominan untuk menentukan MRS pada anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Nice Rachmawati Masnadi, Sp.A(K)
Uncontrolled Keywords: Faktor risiko, malnutrisi rumah sakit, skor STRONGkids
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:47
Last Modified: 14 Feb 2023 06:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123184

Actions (login required)

View Item View Item