Analisis Minyak Atsiri yang Diisolasi dari Daun Tanaman Pucuk Merah (Syzygium myrtifolium Walp.) dan Potensi Antibakteri serta Toksisitasnya

Yenuuar, Thaharah Alifa Aziz (2023) Analisis Minyak Atsiri yang Diisolasi dari Daun Tanaman Pucuk Merah (Syzygium myrtifolium Walp.) dan Potensi Antibakteri serta Toksisitasnya. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (208kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pucuk merah (Syzygium myrtifolium Walp.) merupakan jenis tanaman hias dari famili Myrtaceae. Secara fitokimia telah dilaporkan bahwa daun pucuk merah mengandung alkaloid, triterpenoid, steroid, saponin, flavonoid, dan fenolik. Aroma khas yang dihasilkan daun pucuk merah mengindikasikan adanya kandungan minyak atsiri. Pada penelitian ini telah diisolasi minyak atsiri dari daun pucuk merah dengan metode hidrodistilasi dan diperoleh minyak berwarna kuning pucat dengan rendemen 0,1089%. Penentuan komponen kimia minyak atsiri hasil isolasi dilakukan dengan metode Gas Chromatography-Mass Spectrometry (GC-MS). Hasil GC-MS menunjukkan adanya 42 senyawa yang terdiri dari golongan monoterpen hidrokarbon, monoterpen teroksigenasi, seskuiterpen hidrokarbon, dan seskuiterpen teroksigenasi, dengan empat senyawa utama yaitu Caryophyllene (23,45%), 3-Carene (15,67%), α-Terpineol (10,74%), dan α-Pinene (5,98%). Hasil uji aktivitas antibakteri minyak atsiri daun pucuk merah dengan metode difusi cakram menunjukkan aktivitas yang kuat terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan bakteri Escherichia coli dengan zona hambat masing-masing sebesar 16,15 dan 16,13 mm pada konsentrasi 100%. Hasil uji toksisitas minyak atsiri daun pucuk merah bersifat toksik kuat terhadap larva udang Artemia salina Leach dengan nilai LC50 3,99 μg/mL menggunakan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:45
Last Modified: 14 Feb 2023 04:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123181

Actions (login required)

View Item View Item