RELASI KUASA DIBALIK TERPILIHNYA WALI NAGARI PARIT MALINTANG KECAMATAN ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2021

BATISTUTA, OGGY (2023) RELASI KUASA DIBALIK TERPILIHNYA WALI NAGARI PARIT MALINTANG KECAMATAN ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (145kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas relasi kuasa dibalik kemenangan Sudirman sebagai Wali Nagari Parit Malintang terpilih tahun 2021. Sudirman merupakan satu-satunya calon Wali Nagari Parit Malintang yang memiliki pengalaman paling sedikit tentang dunia politik dibandingkan dengan calon wali nagari lainnya. Namun Sudirman berhasil mendapat pengetahuan tentang politik melalui relasi yang dimiliki dengan aktor-aktor yang berpengaruh atas kemenangannya, sehingga menarik untuk membahas relasi kuasa Sudirman dengan beberapa aktor yang memiliki kepentingan dengannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk relasi kuasa dibalik terpilihnya Wali Nagari Parit Malintang tahun 2021. Untuk menjawab pertanyaan penelitian peneliti menggunakan menggunakan teori relasi kuasa oleh Michael Foucault. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus instrumental. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan dalam penelitian menggunakan snowball sampling. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa aktor dibalik kemenangan Sudirman sebagai Wali Nagari Parit Malintang tahun 2021 diantaranya Suhatribur Bupati Padang Pariaman, Mahyudin seorang pengusaha, dan tim relawan dari beberapa korong yang ada di Nagari Parit Malintang. Aktor tersebut memiliki hubungan kepentingan dengan Sudirman dalam memenangkannya sebagai Wali Nagari Parit Malintang tahun 2021. Adapun hubungan kepentingan tersebut seperti Suhatribur kepentingannya untuk memperoleh suara masyarakat dalam menjabat menjadi Bupati Padang Pariaman periode selanjutnya, Mahyudin kepentingannya untuk kelancaran bisnis yang dibangun, promosi. Sedangkan tim relawan Sudirman kepentingannya untuk mendapatkan peluang kerja, dan sumber pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:44
Last Modified: 14 Feb 2023 06:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123172

Actions (login required)

View Item View Item