ANALISIS PENGARUH FILTER TERHADAP KUALITAS CITRA BERBASIS RESOLUSI SPASIAL DAN DERAU PADA PESAWAT FLUOROSKOPI C-ARM

Dinda, Nurul Syifa (2022) ANALISIS PENGARUH FILTER TERHADAP KUALITAS CITRA BERBASIS RESOLUSI SPASIAL DAN DERAU PADA PESAWAT FLUOROSKOPI C-ARM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (27kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (Skirpsi Full Text)
Skripsi Full Text_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Mode Cinefluorographic Acquisition adalah mode pencitraan pada pesawat sinar-X fluoroskopi C-Arm yang menggunakan tegangan tinggi untuk menghasilkan Citra. Namun, tegangan yang tinggi pada mode ini dapat memberikan peningkatan dosis pasien sehingga perlu diperhatikan besar tegangan dan filter yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan filter Al dan filter Al + Cu pada pesawat fluoroskopi C-Arm terhadap tegangan dan arus waktu keluaran dengan menggunakan phantom PMMA (Polymethyl methacrylate) dengan ketebalan 14 cm dan filter dengan ketebalan 2,5 mm Al, 3 mm Al, 2,5 mm Al + 0,1 mm Cu dan 3 mm Al + 0,1 mm Cu. Selanjutnya, dilakukan analisis kualitas citra berdasarkan Signal to Noise Ratio (SNR) dan Modulation Transfer Function (MTF) untuk setiap variasi filter dengan menggunakan software MATLAB 2017a. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu tegangan dan arus keluaran meningkat dengan setiap penambahan ketebalan dan kombinasi filter. Tegangan dan arus waktu keluaran tertinggi terdapat pada filter Al 3 mm + 0,1 mm Cu adalah 62,1 kV dan 203 ± 2 mAs. Histogram citra menunjukkan tingkat kecerahan yang cukup baik pada rentang derajat keabuan 60 - 150, serta nilai SNR dan MTF meningkat pada ketebalan dan kombinasi filter. Uji komparatif MTF, SNR dan variasi filter menghasilkan nilai P-value < 0,05 yang berarti ada pengaruh penambahan filter terhadap kualitas citra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Sri Oktamuliani, S.Si., M.Si., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Cinefluorographic Acquisition, filter, fluoroskopi C-Arm, Modulation Transfer Function (MTF), Signal to Noise Ratio (SNR)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:56
Last Modified: 13 Feb 2023 03:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123144

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item