Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Perpustakaan Desa Sekip Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang

Dilla, Melany Siregar (2022) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Perpustakaan Desa Sekip Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (555kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (351kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat melalui program perpustakaan Desa Sekip Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya tingkat pendidikan dan perekonomian masyarakat pedesaan salah satunya yaitu Desa Sekip Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang, dimana rata-rata pendapatannya sebagai petani dan buruh harian lepas. Pendidikan masyarakat Desa Sekip rata-rata belum tamat Sekolah Dasar, sehingga Pemerintahan Desa Sekip membangun perpustakaan desa, untuk meningkatkan kualitas masyarakat dan budaya membaca serta mengubah cara pandang masyarakat terhadap pendidikan. Pihak perpustakaan Desa melakukan program, dimana perpustakaan desa bukan hanya tempat ruang membaca masyarakat tetapi mengkaitkan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan. Dengan begitu perpustakaan desa dapat memberikan dampak baik terhadap perekonomian masyarakat Desa Sekip. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun penggunaan teknik dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Para infroman dipilih dengan pusposive sampling. Untuk menganalisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan untuk hasil penelitian yang lebih valid maka akan dilakukan triangulasi data. Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan masyarakat dari Ambar Teguh Sulistiyani, yakni berbagai langkah pemberdayaan. Dari teori yang digunakan peneliti, terdapat tahapan pemberdayaan yang terbagi yaitu tahapan penyadaran serta membentuk sikap, tahapan transformasi kemampuan, dan tahap meningkatkan kemampuan wawasan dengan enam indikator. Hasil penelitian menampilkan bahwa dari 3 tahap pemberdayaan yang digunakan sudah terberdayakan. Berdasarkan enam indikator tersebut 4 sudah dilaksanakan dengan baik yaitu pemberian informasi berupa wawasan pengetahuan, turut serta dalam program untuk menciptakan kecakapan keterampilan, pemberian informasi demi terbentuknya inisiatif, kemampuan menuju kemandirian. Sementara indikator satu dan dua yaitu sosialisasi menuju perilaku sadar dan peduli, turut serta guna peningkatan kapasitas diri, sudah dilaksanakan namun terdapat kendala sehingga pemberdayaan tersebut kurang baik. Adapun saran peneliti yaitu perpustakaan desa lebih giat mengadakan kegiatan pemberdayaan dan melakukan kerjasama dengan pihak lain, sehingga kendala yang terjadi dari tahapan-tahapan tersebut dapat diatasi dengan bantuan dari pihak lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Yoserizal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaann Masyarakat, Perpustakaan Desa, Kualitas Sumber Daya Manusia
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:39
Last Modified: 14 Feb 2023 04:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/123141

Actions (login required)

View Item View Item