Potensi Filtrat Ttrichoderma harzianum Dalam Mengendalikan Penyakit Layu Oleh Fusarium Oxysporum f.sp Capsici Dan Meningkatkan Pertumbuhan Bibit Cabai (Capsicum annum L.)

Finny, Fujriyannisa (2023) Potensi Filtrat Ttrichoderma harzianum Dalam Mengendalikan Penyakit Layu Oleh Fusarium Oxysporum f.sp Capsici Dan Meningkatkan Pertumbuhan Bibit Cabai (Capsicum annum L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
PDF - Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
PDF - BAB I (Pendahuluan)_compressed (1).pdf - Published Version

Download (68kB)
[img] Text (BAB V Penutup)
PDF - BAB V (Penutup)_compressed.pdf - Published Version

Download (28kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
PDF - DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (Full Text)
PDF - SKRIPSI WISUDA FINNY_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)

Abstract

Fusarium oxysporum f .sp. capsici (Foc) merupakan salah satu patogen penyebab penyakit layu pada tanaman cabai. Filtrat Trichoderma harzianum mampu menekan berbagai jamur patogen tanaman seperti Foc. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi filtrat T. harzianum yang efektif dalam menekan pertumbuhan Fusarium oxysporum f. sp. capsici dan meningkatkan pertumbuhan bibit cabai (Capsicum annum L.). Penelitian telah dilaksanakan di laboratorium Fitopatologi Departemen Proteksi Tanaman dan di rumah kaca Fakultas Pertanian Universitas Andalas dari bulan Juni sampai September 2022. Penelitian bersifat eksperimen menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan menggunakan metode seed treatment, terdiri dari : (A) kontrol (0%) (tanpa filtrat), (B) konsentrasi 25%, (C) 50%, (D) 75%, dan (E) 100%. Parameter pengamatan adalah : persentase benih yang terinfeksi Foc, jumlah benih berkecambah, persentase bibit muncul lapang, persentase bibit yang terinfeksi Foc, persentase bibit mati, tinggi bibit, jumlah daun bibit, berat basah dan berat kering bibit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filtrat T. harzianum konsentrasi 50% efektif dalam mengendalikan penyakit layu pada bibit cabai yang disebabkan oleh Fusarium oxysporum f.sp. capsici dan meningkatkan pertumbuhan bibit cabai dengan efektivitas penekanannya terhadap benih terinfeksi Foc (88,60%), peningkatan benih berkecambah (275%), peningkatan bibit muncul lapang (25%), penekanan bibit terinfeksi Foc (100%), penekanan bibit mati (100%), peningkatan tinggi bibit (66,67%) dan peningkatan jumlah daun bibit (66,67%).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Martinius, MS
Uncontrolled Keywords: Filtrat, Trichoderma harzianum, Fusarium oxysporum f. sp. capsici
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 15 Feb 2023 07:40
Last Modified: 15 Feb 2023 07:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122996

Actions (login required)

View Item View Item