Eksplorasi Jamur Rizosfer Yang Berpotensi Sebagai Agen Pengendali Hayati Fusarium Oxysporum F.Sp. Cepae Penyebab Penyakit Moler Di Sentra Produksi Tanaman Bawang Merah (Allium Ascalonicum L) Kabupaten Solok

Vira, Maulina (2023) Eksplorasi Jamur Rizosfer Yang Berpotensi Sebagai Agen Pengendali Hayati Fusarium Oxysporum F.Sp. Cepae Penyebab Penyakit Moler Di Sentra Produksi Tanaman Bawang Merah (Allium Ascalonicum L) Kabupaten Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
cover + abstrak vira maulina.pdf - Published Version

Download (226kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I vira maulina_compressed.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V vira maulina_compressed.pdf - Published Version

Download (27kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA vira maulina_compressed.pdf - Published Version

Download (76kB)
[img] Text (Skripsi Full)
UPLOAD SKRIPSI VIRA MAULINA_1710253002_compressed-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)

Abstract

Isolasi jamur rizosfer disekitar tanaman sehat maupun tanaman sakit ditemukan jamur yang bersifat antagonis terhadap patogen tular tanah, termasuk Fusarium oxysporum f.sp cepae Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mengetahui keragaman dan jenis jamur tanah yang berpotensi sebagai agen pengendali hayati pada rizosfer tanaman bawang merah terhadap penyakit moler. Survei dilakukan untuk melihat dan mengetahui kondisi lahan, kemiringan lahan yang akan dijadikan lokasi pengambilan sampel tanah. Penelitian meliputi isolasi jamur tanah, identifikasi meliputi uji makroskopis dan mikroskopis, uji antagonis dan uji patogenisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 26 isolat yang diperoleh dari bawang merah yang sehat dan yang sakit. Salah satunya adalah jamur patogen yaitu Fusarium sp. dan empat genus jamur antagonis yang memiliki tingkat keragaman sedang (1<H<3). Empat genus dapat menghambat pertumbuhan Fusarium sp. yaitu Trichoderma sp. (persentase hambatan 36,333%), Penicillium sp. (persentase hambatan 41,667%), Aspergillus niger (persentase hambatan 51,333%), dan Aspergillus flavus (persentase hambatan 28,667%)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Eri Sulyanti, MSc
Uncontrolled Keywords: Bawang merah, Fusarium sp., Jamur antagonis, Penyakit moler
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:26
Last Modified: 10 Feb 2023 03:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122952

Actions (login required)

View Item View Item