KAJIAN BEBERAPA SIFAT FISIKA DAN KIMIA TANAH PADA LAHAN TANAMAN AREN (Arenga pinnata Merr) BERDASARKAN KELERENGAN DI NAGARI GADUT KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM

Reza, Ririska (2022) KAJIAN BEBERAPA SIFAT FISIKA DAN KIMIA TANAH PADA LAHAN TANAMAN AREN (Arenga pinnata Merr) BERDASARKAN KELERENGAN DI NAGARI GADUT KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (154kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB)
[img] Text (BAB V)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text (SKripsi Full)
Skripsi Utuh Reza Ririskaa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Daerah Tilatang Kamang merupakan salah satu daerah di Sumatera Barat yang ditumbuhi tanaman Aren. Tanaman Aren dapat tumbuh pada berbagai kelerengan sehingga diperlukan penelitian mengenai sifat fisika dan kimia tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa sifat fisika dan kimia tanah pada lahan tanaman Aren (Arenga pinnata Merr) berdasarkan kelerengan di Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan April-September 2022. Analisis tanah dilakukan di Laboratorium Departemen Ilmu Tanah Tanah dan Sumber Daya Lahan Fakultas Pertanian, Universitas Andalas Padang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei. Sampel tanah diambil dengan teknik Purposive Random Sampling. Sampel tanah yang diambil adalah sampel tanah utuh dan sampel tanah terganggu yang diambil pada 4 kelerengan (0-8%, 8-15%, 15-25%, dan 25-45%) dengan 3 ulangan. Parameter yang dianalisis diantaranya tekstur tanah, berat volume, total ruang pori, C-organik, pH, P-Tersedia, kapasitas tukar kation dan kejenuhan basa. Hasil penelitian menunjukkan lahan Aren memiliki kelas tekstur liat dan lempung berdebu, berat volume berkisar 0,97-1,19 〖g/cm〗^3 , total ruang pori berkisar 53,58-62,05%, C-organik berkisar 2,35-3,22%, pH tanah berkisar 4,50-6,16, P-Tersedia berkisar 5,1-8,98 ppm, kapasitas tukar kation berkisar 20,04-24,11 me/100g dan kejenuhan basa berkisar 44,76-58,52%. Hasil analisis menunjukkan keempat kelas lereng memiliki karakteristik tanah yang berbeda, sehingga mempengaruhi sifat fisika dan kimia tanah pada lahan Aren. Hal ini dapat dilihat terjadi penurunan sifat tanah dengan bertambahnya kelerengan terutaman berat volume dan C-Organik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Juniarti, SP. MP
Uncontrolled Keywords: Aren, Fisika dan Kimia Tanah, Inceptisols
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:34
Last Modified: 09 Feb 2023 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122891

Actions (login required)

View Item View Item