Potensi Bacillus spp. untuk Mengendalikan Penyakit Layu Bakteri (Ralstonia solanacearum) pada Tanaman Jahe Gajah (Zingiber officinale var. officinale)

Sussanti, Dian (2023) Potensi Bacillus spp. untuk Mengendalikan Penyakit Layu Bakteri (Ralstonia solanacearum) pada Tanaman Jahe Gajah (Zingiber officinale var. officinale). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I dyn.pdf - Published Version

Download (161kB)
[img] Text (Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (153kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext dyn.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penyakit layu bakteri yang disebabkan oleh Ralstonia solanacearum merupakan penyakit penting pada jahe yang dapat menyebabkan kehilangan hasil lebih dari 90%. Salah satu upaya dalam pengendalian penyakit ini adalah dengan pengendalian hayati menggunakan kelompok Bacillus. Tujuan penelitian untuk mendapatkan bakteri Bacillus spp. terbaik dalam menekan keparahan penyakit layu bakteri yang disebabkan oleh Ralstonia solanacearum pada tanaman jahe gajah (Zingiber officinale var. officinale). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi dan Rumah Kaca Kawat Fakultas Pertanian pada bulan Agustus sampai November 2022. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 6 perlakuan, 4 ulangan dan 3 unit. Perlakuannya adalah introduksi 5 galur Bacillus (Bacillus cereus Se07, Bacillus cereus P14, Bacillus sp. SJI, Bacillus sp. HI, dan Bacillus subtilis) dan Kontrol. Inokulasi Ralstonia solanacearum dilakukan pada umur 1 bulan. Parameter yang diamati yaitu masa inkubasi, kejadian penyakit, keparahan penyakit, tinggi tanaman, jumlah daun dan berat segar rimpang. Hasil penelitian menunjukkan perlakuan Bacillus cereus Se07 merupakan perlakuan terbaik dengan keparahan penyakit layu bakteri yang disebabkan oleh R. solanacearum sebesar 38,89% dan berat segar rimpang sebesar 30,12 gram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zurai Resti, SP, MP
Uncontrolled Keywords: Bacillus, jahe gajah, layu bakteri, Ralstonia solanacearum
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:57
Last Modified: 15 Feb 2023 03:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/122806

Actions (login required)

View Item View Item